HKN ke-58 di Minsel, FDW Beri Penghargaan Kepada Dokter, Perawat dan Puskesmas Terbaik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

HKN ke-58 di Minsel, FDW Beri Penghargaan Kepada Dokter, Perawat dan Puskesmas Terbaik

Bupati dan Wakil Bupati Minsel pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 di Aula Waleta. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.TH (PYR) menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minsel, yang digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, Kamis (24/11/2022). 

HKN Tahun 2022 mengusung tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

Dalam puncak perayaan HKN ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minsel ini, dilaksanakan penandatanganan prasasti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang dari Kelas D naik menjadi Kelas C, dengan fasilitas kesehatan (faskes) tenaga medis dan non medis yang lebih lengkap.

Dilanjutkan penandatanganan pernyataan komitmen dan kesanggupan untuk mendukung Eliminasi Kecacingan pada tahun 2023, Eradikasi Frambusia pada tahun 2023, dan Eliminasi Kusta pada tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Bupati FDW memberikan penghargaan kepada Pengelola Imunisasi Terbaik (Imunisasi Dasar Lengkap Melampaui Target), dan Pengelola Surveilans Terbaik (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi/PD3I).

Penghargaan juga diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga kesehatan (nakes) atas dedikasi dalam pelayanan kesehatan (memasuki purnabakti), perawat terbaik, dokter terbaik, dan Puskesmas terbaik.

Selain itu, pemberian hadiah bagi para pemenang berbagai lomba yang telah digelar dalam rangka peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minsel.

Untuk sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan diserahkan saat peringatan Hari Malaria Sedunia pada April 2023 mendatang.

Diketahui, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Minsel per tanggal 23 November 2022 untuk dosis 1 mencapai 92, 32%, dosis 2 mencapai 69,55%, dan dosis 3 sebanyak 20,41% dari total sasaran 182.634 orang.

Terkait peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 di tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Kabupatan Minsel telah menerima sejumlah piagam penghargaan yakni Peringkat 1 Tingkat Nasional Lomba Inovasi Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2022, Pengelolaan Program Malaria Terbaik, dan Status Eliminasi Malaria di Kabupaten Minsel.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati FDW mengatakan, tema HKN ke-58 Tahun 2022 menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat," tuturnya.

Menkes Budi mengingatkan, tantangan yang kita hadapi  sangat berat dan semua negara di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. 

"Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, karena Indonesia termasuk negara yang mampu nenghadapi krisis global ini," ujarnya.

Bupati FDW menandatangani prasasti RSUD Amurang dari Kelas D naik Kelas C, disaksikan Wabup PYR dan Direktur RSUD Amurang dr. Franky Oskar Tumbuan. (Foto: Ist)

Menurut Menkes Budi, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Bahkan, termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022.

Meskipun begitu, Menkes Budi mengimbau agar kita tidak boleh lengah. Sebab, sejak bulan Oktober, pihaknya telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. 

Lebih jauh Menkes Budi mengungkapkan, data kematian menunjukkan empat dari lima pasien meninggal belum divaksinasi Booster.

Proporsi pasien yang meninggal akibat Covid-19, tiga kali lebih banyak pada kelompok lanjut usia (lansia) dibandingkan dengan yang bukan lansia.

"Karena itu, mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan Booster," pungkas Menkes Budi. (Simon)