Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minut

Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung, mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sejumlah kunjungan kerja di Minut, Kamis (19/1/2023).

Kunjungan kerja Presiden RI tersebut dalam rangka Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan di Desa Kuwil, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara dan sejumlah 3 agenda penting lainnya, di Minahasa Utara.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Olly Dondokambey dan Bupati Minut Joune Ganda, meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan (Foto: Ist)

Kunjungan Presiden Jokowi diawali dengan meninjau Pasar Airmadidi di Kelurahan Sarongsong I Kecamatan Airmadidi, Presiden meninjau langsung aktifitas pasar serta berdialog dengan pedagang dan pembeli di pasar tersebut, diketahui kunjungan Presiden tersebut dalam rangka mengetahui sekaligus memantau dampak inflasi terhadap kebutuhan pangan serta mengecek harga bahan pokok di Minahasa Utara.

Kemudian Presiden bersama rombongan menghadiri acara peresmian Bendungan Kuwil Kawongkoan.

Bendungan ini memiliki luas 156 Hektar serta daya tampung mencapai 26 juta meter kubik diharapkan dapat mengurangi banjir yang sering terjadi di Kota Manado.

Presiden Jokowi disambut Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung serta ribuan masyarakat ketika memantau aktifitas Pasar Airmadidi (Foto: Ist)

Bendungan ini juga dioperasikan bagi penyediaan air baku di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung.

Termasuk, penyediaan pasokan energi listrik mikrohidro juga pengembangan pariwisata serta bisa menjadi sarana irigasi bagi pertani.

Presiden Jokowi bersama  Bupati Minahasa Utarta Joune Ganda (Foto: Ist)

Selain meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Presiden RI Joko Widodo serta Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dan wakil Bupati Kevin Lotulung juga berkunjung ke Hotel Marriott di desa paputungan, Kecamatan Likupang Barat.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Hotel Marriott di Likupang (Foto: Ist)

Hotel Marriott merupakan salah satu hotel bintang lima yang menjadi penyanggah Minut, terutama dalam menunjang destinasi wisata pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Hotel Marriott di Likupang (Foto: Ist)

Selanjutnya Rombongan Bergerak menuju pelabuhan penyeberangan munte di Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat, dalam agenda tersebut Presiden RI meninjau kondisi dermaga yang nantinya akan menjadi akses penting penyeberangan yang akan melayani daerah kepulauan yang menjadi obyek wisata di Kabupaten Minahasa Utara yakni Pulau Lihaga, Pulau Gangga dan Pulau Talise.

Presiden Jokowi disambut masyarakat Minut (Foto: Ist)

Pelabuhan Munte merupakan pelabuhan milik pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang dihibahkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Perhubungan lewat berita acara serah terima Hibah Barang Milik Negara (HBMN) juga diserahkan Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran (SBNP) dan suar alur Likupang pada September 2022 silam. (Joyke/Adv)