Terisolasi 3 Minggu, Palanewan: 11 Maret Cannon Moon ke Marore - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Terisolasi 3 Minggu, Palanewan: 11 Maret Cannon Moon ke Marore

pulau Marore (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Warga pulau Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe mengeluhkan terkait tidak beropreasinya KM Sabuk Nusantara 95 karena melakukan pengedokan. 

Sejak KM Sabuk Nusantara 95 tidak beropreasi, hampir tiga minggu tidak ada transportasi laut yang melayani rute pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Sangihe termasuk Marore, sementara cuaca yang sering berubah tiba tiba tidak memukinkan bagi masyarakat kepulauan untuk menggunakan perahu kecil menuju ibu kota kabupaten untuk membeli kebutuhan pokok dan kebutuhan lain yang diperlukan.

Warga pulau Marore pun berharap agar pemerintah mengambil langkah alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, karena KM Sabuk Nusantara 95 merupakan satu satunya sarana transportasi yang digunakan warga Marore. 

"Kami berharap ada perhatian dari pemerintah kabupaten untuk mencari solusi terkait transportasi warga pulau Marore dan sekitarnya yang kurang lebih tiga minggu tidak beroperasi," ucap Hubson Suku Sumolang salah satu warga pulaua Marore. 

Terkait hal tersebut, KUPP Kelas 2 Tahuna melakukan terobosan dengan melakukan deviasi trayek KM Cannon Moon sehingga bisa melayani rute Pulau Marore dan sekitarnya. 

Kepala KUPP Kelas 2 Tahuna Hopriet Balirangen melalui PPK Melvrid Palanewen, ST.MT menjelaskan pihaknya sudah mengantisipasi tidak beroperasinya KM Sabuk Nusantara 95 karena Docking dengan melakukan penggantian sementara dengan KM Cannon Moon. 

"Jadi, kurang lebih 1 bulan KM Sabuk Nusantara (SaNur) 95 tidak beroperasi tetapi KM Cannon Moon sudah 2 kali membantu dengan deviasi trayek dan minggu depan yang ke 3 kalinya. Dan sementara proses pengajuan Deviasi ke Dinas Perhubungan Provinsi dan Direktorat Lalu Lintas laut dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, " Kata Melvrid Palanewen, Selasa (1/3/2023)

Menurut Palanewen, proses Deviasi trayek ini juga sementara dilakukan oleh pihak KUPP, dapat dipastikan dalam minggu depan KM Cannon Moon sudah bisa melayani pulau Marore dan sekitarnya. 

"Kami sudah melakukan komunikasi sejak kemarin maupun hari ini, tinggal menunggu KM Cannon Moon kembali dari lintasan trayek awal kemungkinan ke Marore pada 11 Maret 2023 nanti," tegasnya. (Vickh)