156 Casis Bintara-Tamtama Polri Kiriman Polres Minsel Digeser ke Polda Sulut, 34 Orang TMS - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

156 Casis Bintara-Tamtama Polri Kiriman Polres Minsel Digeser ke Polda Sulut, 34 Orang TMS

Enam unit bus dikerahkan untuk mengantar 156 Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel ke Polda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Sebanyak 156 Calon Siswa (Casis) Bintara dan Tamtama Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023 kiriman Polres Minahasa Selatan (Minsel) telah digeser ke Polda Sulut, Rabu (03/05/2023) siang.

Adapun 156 orang casis ini terdiri dari 147 pria dan 9 wanita, dengan rincian Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) 137 orang, Bintara Brigade Mobil (Brimob) 13 orang, Bintara Polisi Perairan (Pol Air) 1 orang, Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) tenaga kesehatan 1 orang, dan Tamtama Brimob 4 orang.

Pergeseran ratusan Casis Bintara asal Minsel ini, dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Minsel Kompol Alfrets Lalontja Tatuwo, S.Sos, didampingi sejumlah personel Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polres Minsel dan pengawas eksternal dari unsur Pers Minsel.

Sebanyak enam unit bus angkutan umum dikerahkan untuk mengangkut dan mengantar ratusan Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel tersebut, menuju Markas Komando (Mako) Polda Sulawesi Utara (Sulut).

Pabanrim Polres Minsel juga menyiapkan konsumsi makan siang dan sore bagi ratusan calon anggota Polri ini.

Setibanya di Mapolda Sulut, mereka langsung diserahkan kepada Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut, yang diwakili oleh AKP Duwi Galih Prasetiawan, SIK, MH.

Setelah digeser ke Polda Sulut,  maka ratusan Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel beserta ratusan Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres lainnya, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi tingkat daerah.

156 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2023 kiriman Polres Minsel sedang ikut apel, setibanya di Polda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon)

"Tahapan selanjutnya yang akan mereka jalani yakni Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tahap I," ungkap AKP Duwi Galih Prasetiawan, SIK, MH ketika ditemui wartawan.

Sementara itu, Sekretaris Pabanrim yang juga Kabag SDM Polres Minsel Kompol Alfrets Lalontja Tatuwo, S.Sos menjelaskan, 156 Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel telah lolos tahapan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal di tingkat Pabanrim Polres Minsel.

Menurut Tatuwo, jumlah peserta yang mengikuti tahapan Rikmin awal di tingkat Pabanrim Polres Minsel terverifikasi sebanyak 190 Casis Bintara dan Tamtama Polri.

Setelah melalui pemeriksaan berkas persyaratan, pengukuran tinggi dan berat badan di bawah pengawasan ketat pengawas internal dan pengawas eksternal, yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) hanya 156 orang, terdiri dari 147 pria dan 9 wanita. 

"Sisanya, 34 Casis Bintara dan Tamtama dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Keputusan hasil Rikmin awal ini ditetapkan dalam Sidang Dewan Pertimbangan Karir yang dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel," jelas Tatuwo.

Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH sedang memimpin Sidang Dewan Pertimbangan Karir, di Aula Mapolres Minsel. (Foto: Sulut24/Simon)

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ratusan putra/putri Minsel yang telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota Polri.

Mantan Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) ini pun berharap, 156 Casis Bintara dan Tamtama kiriman Polres Minsel ini dapat lolos seleksi tingkat Panda Polda Sulut.

"Selamat berjuang, tetap semangat, dan terus belajar. Jaga kesehatan dan tekun berdoa, karena tahapan seleksi di tingkat Panda Polda Sulut masih panjang dan ketat persaingannya," imbau Kapolres Minsel. (Simon)