Libatkan 90 Personel, Kapolres Minsel Pimpin Sosialisasi Program Polisi RW - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Libatkan 90 Personel, Kapolres Minsel Pimpin Sosialisasi Program Polisi RW

Kapolres dan Wakapolres Minsel foto bersama para personel Polisi RW. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL – Mabes Polri memiliki program unggulan di tahun 2023 ini yakni Polisi RW. 

Program Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW atau lingkungan/dusun/jaga untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Melaui program ini, Polisi RW bertugas sebagai LO (Liaison officer) Polri di tiap lingkungan tempat tinggalnya.

Terkait program unggulan Mabes Polri tersebut, Polres Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan Polisi RW, pada Kamis (11/05/2023).

Kegiatan yang digelar di Aula Polres Minsel ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH, didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Fadli, SIK dan Kasat Binmas AKP Yusak Parinding, S.Th. 

Personel yang dilibatkan sebagai Polisi RW sebanyak 90 orang atau 30 persen dari total 300-an personel yang ada di jajaran Polres Minsel.

Dalam arahannya Kapolres Minsel mengharapkan, melalui program Polisi RW diharapkan polisi akan semakin intens bertatap muka dengan masyarakat.

Perwira Menengah (Pamen) Polri kelahiran Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ini berharap, dengan adanya program Polisi RW ini permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat bisa cepat ditindaklanjuti dan cepat diberikan solusi pemecahan masalah.

“Kalau bisa dipecahkan di tingkat RW dan desa, silahkan. Tapi kalau tidak bisa, serahkan ke jenjang yang lebih tinggi, Polsek atau Polres," imbuh lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2004 ini.

Mantan Kapolres Minahasa Tenggara (Mitra) tersebut berpesan agar bekerja secara ikhlas dan temui masyarakat dengan sikap yang santun dan humanis.

“Kehadiran kita di sana membuat dampak yang positif. Masyarakat harus betul-betul merasakan kehadiran kita bermanfaat," tandas Kapolres Minsel.

Pada kesempatan itu, Wakapolres Minsel Kompol Muhammad Fadli, SIK juga turut menambahkan wejangan. 

Polres Minsel laksanakan Sosialisasi Program Polisi RW dan Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Binmas. (Foto: Sulut24/Simon)

"Nantinya kalian akan membuat laporan pelaksanaan tugas. Kuasai lingkungan secepatnya, perkenalkan diri dan jaga nama baik institusi Polri lewat sikap dan tutur kata yang santun dan humanis," pesan Kompol Muhammad Fadli.

Usai arahan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait program Polisi RW. Setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh personel Polisi RW, dijawab langsung oleh Kapolres Minsel. 

Di hari dan tempat yang sama, Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Binmas yang mengangkat tema "Meningkatkan Kemampuan Pemolisian Masyarakat Dengan Sasaran Pam Swakarsa."

Sebelum menghadiri dua kegiatan tersebut, Kapolres Minsel mengawali aktivitasnya pada hari itu dengan mengikuti kebaktian di Kapel Polres Minsel.

Ibadah pagi yang dipimpin Pdt. J. Simbar, S.Th dari GMIM "Setia Kudus" Pondang ini, turut dihadiri para Pejabat Utama (PJU) dan personel Polres Minsel beragama Kristen. (Simon)