Momentum Hardiknas, Stefanus Liow Pendaftar Pertama Balon Anggota DPD RI Dapil Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Momentum Hardiknas, Stefanus Liow Pendaftar Pertama Balon Anggota DPD RI Dapil Sulut

Ir. Stefanus BAN Liow, MAP menjadi pendaftar pertama Bakal Calon Anggota DPD RI periode 2024–2029. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Ir. Stefanus BAN Liow, MAP menjadi pendaftar pertama Bakal Calon (Balon) Anggota DPD RI 2024–2029, mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut).

Memiliki latar belakang seorang dosen, politisi sarat pengalaman dan dekat dengan rakyat kecil ini memanfaatkan momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 untuk mendaftarkan diri sebagai Wakil Daerah Sulut.

Lelaki yang akrab disapa Stefa ini tiba di Kantor KPU Sulut, Jalan Diponegoro Nomor 25 Kota Manado, sekitar pukul 14.50 Wita, Selasa (02/05/2023).

Ia turut didampingi istri tercinta, Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP. Keduanya tampak kompak dan serasi mengenakan atasan putih.

Petahana Anggota DPD RI asal Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tersebut juga dikawal oleh Tim Liaison Officer (LO) atau naradamping, dan sejumlah pendukungnya. 

Di antaranya, pengurus Rukun Kace Kai Ang yang sebagian besar para pendeta dan Pelayan Khusus (Pelsus) GMIM, serta aktivis lingkungan hidup.

Mantan dosen di Institut Teknologi Minaesa Tomohon (ITM) ini, sejak masa mudanya memang dikenal aktif sebagai penggiat lingkungan hidup dan berkiprah pula di pelayanan gereja.

Setibanya di depan Kantor KPU Sulut, mantan Ketua Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM periode 2014-2018 ini disambut hangat oleh tim sekretariat dan diarahkan ke ruang tempat mendaftar, di lantai dua Kantor KPU Sulut.

Dalam format regristasi pendaftar yang ia terima, tampak masih kosong, belum ada satu nama pun yang tertera. 

Praktis, Stefanus Liow mencatatkan diri sebagai Balon Anggota DPD RI Dapil Sulut yang pertama siap bertarung pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Usai melakukan regristrasi, pejabat publik yang murah senyum dan dekat dengan rakyat kecil ini didampingi isteri dan Tim LO kemudian diarahkan masuk ke dalam ruangan khusus dan menyerahkan berkas pendaftaran.

Sebagaimana diketahui, Stefanus Liow Senator Stefanus BAN Liow dilantik pada 29 September 2015 silam menjadi Anggota DPD RI Sulut Pengganti Antar Waktu (PAW), menggantikan Senator Maya Rumantir yang mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Sulut pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu.

Karena keteladanannya selama menjalankan amanat rakyat sebagai Wakil Daerah, Stefanus Liow pernah menerima reward atau penghargaan dari Badan Kehormatan (BK) DPD-RI pada 23 April 2018. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua BK DPD RI Mervin Irian Sadipun Komber, ST, SE, MM pada Sidang Paripurna Ke-12 DPD RI Masa Sidang IV Tahun Sidang 2017-2018, yang digelar di Gedung Nusantara V DPR/MPR/DPD RI. 

Dedikasinya dalam memperhatikan konstituen sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena selalu dekat dengan rakyat, dosen FPTK IKIP Negeri Manado (1995-2008) ini kembali terpilih sebagai Anggota DPD RI pada Pemilu 2020.

Pejabat negara ini selalu mengedepankan pelayanan dan totalitas pengabdian tanpa melihat perbedaan status sosial, etnis dan sub etnis, budaya dan warna-warni politik.  

Dalam bidang pelayanan gereja, lelaki kelahiran Amurang 16 September 1967 ini pernah menjabat Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM selama dua periode.

Pada periode 2005-2010, ia mendampingi Ketua Pnt. Ir. Royke Oktavian Roring, MSi (kini Bupati Minahasa) dengan salah satu Wakil Ketua waktu itu Pnt. Dr. Ir. GSV Lumentut yang saat itu menjabat Wali Kota Manado dan Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2018-2022. 

Ir. Stefanus BAN Liow, MAP resmi mendaftarkan diri di KPU Sulut sebagai Bakal Calon Anggota DPD RI periode 2024–2029. (Foto: Ist)

Stefanus Liow kembali menjadi Sekretaris, mendampingi Ketua Pnt. Jefferson SM Rumajar, SE kemudian dilanjutkan Pnt. Djendri Altin Keintjen, SH, MH.

Selanjutnya, ia menjabat Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM periode 2014-2018.

Sepanjang karirnya sebagai Wakil Daerah, ia dinilai mampu menunjukkan kapabilitas dan kompetensinya sehingga dipercayakan segudang jabatan di lembaga DPD RI.

Teranyar, ia didaulat menjadi Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI. Stefanus Liow tercatat sebagai Senator Dapil Sulut pertama yang dipercayakan menduduki jabatan strategis di DPD RI. (Simon)