Bakal Digelar 10-23 Juli 2023, Wakapolda Sulut Buka Latpraops Patuh Samrat 2023 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bakal Digelar 10-23 Juli 2023, Wakapolda Sulut Buka Latpraops Patuh Samrat 2023

Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes membuka Latihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Samrat 2023, di ruang Tri Brata Mapolda Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Jan de Fretes membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Kepolisian Kewilayahan Patuh Samrat 2023,  di ruang Tri Brata Mapolda Sulut, pada Rabu (05/07/2023) pagi.

Wakapolda saat membacakan sambutan tertulis Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan, operasi ini digelar untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang aman dan kondusif pasca perayaan Hari Bhayangkara ke-77.

“Operasi ini jiga sebagai pijakan Polri untuk maju menjadi lembaga yang lebih dipercaya dan dibanggakan oleh masyarakat, lebih khusus polisi lalu lintas,” kata Brigjen Pol Jan de Fretes, didampingi Kepala Biro Operasi (Karoops) dan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulut Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi.

Operasi Kepolisian Patuh Samrat 2023 ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan Polri dalam mewujudkan pemeliharaan kamtibmas di bidang lalu lintas dengan berbagai sasaran.

“Sasaran operasi mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan sampai dengan gangguan nyata yang bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas serta fatalitas, dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas,” jelas Brigjen Pol Jan de Fretes.

Sedangkan tujuan Latpraops ini di antaranya untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian serta pengetahuan personel dalam bertugas di lapangan.

Mantan Wakapolda Maluku ini menambahkan, latpraops ini memiliki beberapa tujuan. Di antaranya menyamakan pola pikir dan cara bertindak dalam pelaksanaan operasi, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel yang ditugaskan.

"Juga mensinergikan seluruh personel yang ditugaskan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama, mengevaluasi perlengkapan serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi berbagai perkembangan situasi kamtibmas yang sewaktu-waktu dapat berubah,” urai lulusan Akpol 1988 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini.

Seluruh peserta diminta untuk mengikuti Latpraops ini dengan sungguh-sungguh dan kemudian melaksanakan kegiatan serupa di Polres/ta masing-masing.

“Lakukan koordinasi dengan instansi terkait, hindari arogansi, lakukan pengawasan dan pengendalian serta analisa dan evaluasi (anev) pelaksanaan operasi,” pungkas Brigjen Pol Jan de Fretes.

Latpraops ini dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Sulut beserta Kasatlantas jajaran. Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan dari Itwasda, Biro Operasi, Direktorat Intelkam serta Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut.

Diperoleh informasi, operasi di bidang lalu lintas ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang. (Simon)