Dipimpin Kombes Surya Kumara, Puslitbang Polri Lakukan Supervisi dan Penelitian IPKP di Polda Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dipimpin Kombes Surya Kumara, Puslitbang Polri Lakukan Supervisi dan Penelitian IPKP di Polda Sulut

Puslitbang Polri melaksanakan supervisi dan penelitian terkait Indeks Pembangunan Kesehatan Polri (IPKP) di Polda Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan supervisi dan penelitian terkait Indeks Pembangunan Kesehatan Polri (IPKP) di Polda Sulawesi Utara (Sulut), mulai Senin (03/07/2023).

Rangkaian kegiatan dibuka oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M, di ruang Tri Brata Mapolda Sulut. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulut dan personel, serta Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengembangan (Sespuslitbang) Polri Kombes Pol F. X. Surya Kumara, S.H, M.H beserta tim.

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda mengucapkan selamat datang dan selamat melaksanakan tugas kepada Sespuslitbang Polri bersama tim di Polda Sulut.

"Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk di lingkungan Polri. Mengingat Polri dalam mencapai tujuannya lebih banyak mengerahkan unsur manusia atau personel, sehingga bisa dikatakan personel merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan kepolisian,” kata Brigjen Pol Jan de Fretes.

Menurutnya, dalam mencapai tujuan organisasi dibutuhkan derajat kesehatan pegawai pada Polri secara terkelola dan berkesinambungan melalui penilaian Indeks Kesehatan Polri (IKP).

“Agar masa depan organisasi Polri dapat dikontrol dan diukur pencapaian pembangunan kualitas SDM-nya sebagai penopang pembangunan dan kemajuan Polri di masa depan,” tutur Brigjen Pol Jan de Fretes.

Kepada para peserta diminta agar betul-betul mendukung kegiatan penelitian ini, serta memberikan saran, informasi, data, dan permasalahan yang ada di wilayah.

“Sehingga bisa menjadi bahan masukan kebijakan bagi pimpinan Polri di bidang peningkatan program pembangunan kesehatan Polri,” pungkas Brigjen Pol Jan de Fretes.

Sementara itu Kepala Puslitbang Polri Brigjen Pol Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si dalam sambutan tertulis dibacakan Sespuslitbang Polri menghaturkan terima kasih atas sambutan hangat dari keluarga besar Polda Sulut dalam kegiatan ini.

“Terima kasih atas sambutan hangat dari Polda Sulut. Rangkaian kegiatan Puslitbang Polri di Polda Sulut ini terbagi dalam dua kegiatan yaitu supervisi dan penelitian. Untuk supervisi dilaksanakan selama tiga hari, dan empat hari untuk penelitian,” ungkap Kombes Pol F. X. Surya Kumara.

Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M sedang membacakan sambutan tertulis Kapolda Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Dijelaskannya, maksud dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data dan masukan serta informasi terkait dengan pembangunan kesehatan Polri yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dan perbaikan dalam peningkatan pembangunan kesehatan Polri.

“Sedangkan tujuannya adalah merumuskan rule model IPKP, sehingga melalui penelitian ini dapat dijadikan landasan dalam pengambilan kebijaksanaan pimpinan Polri untuk IPKP," jelas mantan Kapolres Minahasa Selatan ((2009—2011) yang juga mantan Kapolresta Manado (2018—2019) ini.

Pihaknya pun berharap, seluruh responden dapat memberikan data dan informasi yang sebenarnya.

“Sehingga didapatkan data yang valid atau dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dengan harapan nantinya menghasilkan sebuah kesimpulan yang valid pula,” pungkas lulusan Akpol 1991 yang berpengalaman dalam bidang Sabhara ini.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan paparan serta arahan teknis penelitian oleh Ketua Tim Peneliti Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K, M.H, dan diskusi yang dipandu oleh Guru Besar Fakultas MIPA UI Prof. Dr. Titin Siswantining, D.E.A. (Simon)