Gelar Operasi Patuh Samrat 2023, Kapolda Sulut Berharap Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Semakin Menurun - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Gelar Operasi Patuh Samrat 2023, Kapolda Sulut Berharap Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Semakin Menurun

Penyematan pita operasi Patuh Samrat 2023 oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan ‘Patuh Samrat 2023', yang dilaksanakan di lapangan basket kawasan Megamas Manado, Senin (10/07/2023) sore.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, dan diikuti oleh gabungan personel Polda Sulut, Polresta Manado, TNI, dan instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan, gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh polda dan satuan kewilayahan ini merupakan bagian penting yang harus dilaksanakan.

“Hal ini untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, benar-benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan,” ujarnya.

Irjen Pol Setyo Budiyanto menambahkan, momen Operasi Patuh Samrat tahun ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan agenda nasional yaitu Pemilu 2024.

“Dimana pada saat ini sudah dalam tahap ke-6 yaitu pencalonan DPD dan DPR maupun DPRD. Sehingga sebagian kekuatan TNI, Polri, Pemda, instansi terkait maupun stakeholder lainnya sudah tergelar dalam rangka mengamankan pesta demokrasi tersebut,” jelas lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini.

Pada kesempatan itu, mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menyampaikan pula situasi Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas) terakhir yang terjadi di daerah Sulut.

“Angka kecelakaan lalu lintas selama 3 bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25%, dari sejumlah 226 kecelakaan pada bulan Maret menjadi 231 kecelakaan pada bulan April dan 259 kecelakaan pada bulan Mei. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas juga mengalami kenaikan 70%,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dalam rangka memelihara kondusifitas kamtibmas menjelang pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, lanjutnya, Polri beserta seluruh jajaran didukung kekuatan TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, menggelar Operasi Patuh Samrat 2023.

“Operasi Patuh Samrat 2023 ini digelar selama 14 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 23 juli 2023, yang difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara proporsional,” jelas mantan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

Jenderal bintang dua ini berharap, dengan pelaksanaan operasi ini masyarakat bisa semakin tertib di jalan raya dan bisa lebih memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, bukan hanya terhadap diri sendiri tetapi terhadap orang lain juga. 

Kapolda Sulut periksa kekuatan personel beserta kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diterjunkan ke lapangan. (Foto: Humas Polda Sulut)

"Dan kita berharap angka pelanggaran dan juga angka kecelakaan semakin menurun,” harap Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Surabaya, Jawa Timur ini.

Irjen Pol Setyo Budiyanto menambahkan, operasi ini juga bisa menjadi sosialisasi dan literasi kepada masyarakat bahwa keamanan dan keselamatan berlalu lintas itu sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan.

Kesiapan pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2023 ini ditandai dengan pemeriksaan kekuatan personel beserta kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan, serta penyematan pita operasi kepada perwakilan personel Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya oleh Kapolda Sulut. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sulut dan pejabat terkait dari TNI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, Dinas Perhubungan, dan Jasa Raharja. (Simon)