Masuk 3 Besar, 2 Personel Polda Sulut Raih Penghargaan Polisi Teladan Hoegeng Awards 2023 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Masuk 3 Besar, 2 Personel Polda Sulut Raih Penghargaan Polisi Teladan Hoegeng Awards 2023

Kasat Reskrim Polres Minsel Iptu Lesly Deiby Lihawa, S.H, M.Kn (kiri) meraih penghargaan sebagai Polisi Pelindung Anak dan Perempuan. Kasium Polsek Rainis Polres Kepulauan Talaud Aipda Charles Surya (kanan) rebut penghargaan sebagai Polisi Berdedikasi. (Foto: Istimewa)

Sulut24.com, MANADO – Dua personel Polri yang bertugas di Polda Sulawesi Utara (Sulut) berhasil meraih penghargaan Hoegeng Awards 2023, yang dipersembahkan oleh detikcom bersama Polri

Penghargaan diserahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Jumat (14/07/2023) malam

“Alhamdulillah 2 personel Polri utusan Polda Sulut masuk dalam 3 besar masing-masing kategori penghargaan Hoegeng Awards 2023," ungkap Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Iis Kristian, Sabtu (15/07/2023) pagi.

Adapun kedua personel Polda Sulut tersebut yakni Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Minahasa Selatan (Minsel) Iptu Lesly Deiby Lihawa, S.H, M.Kn meraih penghargaan sebagai Polisi Pelindung Anak dan Perempuan, dan Kepala Seksi Umum (Kasium) Polsek Rainis Polres Kepulauan Talaud Aipda Charles Surya merebut penghargaan sebagai Polisi Berdedikas.

Menurut Kombes Pol Iis Kristian, penghargaan ini tak lepas dari pengamatan dan penilaian masyarakat terhadap sosok polisi teladan, baik dari sisi integritas, inovasi yang dibuat, hingga kepada mereka yang memberikan dedikasi tinggi di area pedalaman maupun perbatasan

“Sebanyak 10.607 pengusul telah mengusulkan nama-nama polisi terbaik dari seluruh penjuru negeri. Nama-nama yang masuk divalidasi oleh detikcom dan Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023. Penghargaan Hoegeng Awards 2023 diumumkan tanggal 14 Juli 2023 di detikcom,” tutur Perwira Menengah (Pamen) Polri ini

Dengan penghargaan tersebut, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto melalui Kabid Humas Kombes Pol Iis Kristian berharap, banyak lagi polisi-polisi teladan yang bisa menjadi inspirasi di daerah Sulut.

“Tentunya ini menjadi pemicu semangat kepada personel lainnya untuk terus berprestasi dan memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat,” kata mantan Kapolres Minsel ini.

Sementara itu, kedua personel penerima penghargaan asal Sulut yaitu Iptu Lesly Lihawa dan Aipda Charles Surya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri dan seluruh masyaraka.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaan memilih kami masuk dalam kategori Polisi Pelindung Perempuan dan Anak," ujar Iptu Lesly Deiby Lihawa, S.H, M.K.

Bagi Iptu Lesly, masuk 3 besar dalam kategori Polisi Pelindung Perempuan dan Anak dari sekian puluh ribu kandidat dan bisa bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan satu kehormatan dan kebanggaan.

"Ini memotivasi saya supaya semakin giat lagi melayani masyarakat. Dengan adanya Hoegeng Awards memotivasi rekan personil Polri lain agar bekerja lebih baik, karena sejatinya penghargaan tertinggi adalah ridho Allah SWT dan kepercayaan masyarakat,” imbuh Perwira Pertama (Pama) Polwan yang pernah bertugas di Polda Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Hal senada dikemukakan pula oleh Aipda Charles Surya yang meraih 3 besar teladan Polisi Berdedikas

“Kami hanya berusaha melaksanakan tugas dengan baik di wilayah perbatasan. Bila saat ini mendapat penghargaan Hoegeng Awards 2023, kami tentunya merasa bangga dan terus terpacu untuk melaksanaan tugas lebih baik lagi,” ucap Aipda Charles Surya.

Hoegeng Awards merupakan program kolaborasi detikcom dengan Polri untuk memberikan penghargaan bagi polisi-polisi teladan

Hoegeng Awards pertama kali digelar pada tahun 2022 dan berlanjut ke tahun 2023. Berbeda dari Hoegeng Awards 2022 yang hanya ada tiga kategori yakni 'Polisi Berdedikasi', 'Polisi Inovatif' dan 'Polisi Berintegritas'

Pada tahun 2023 ini ada dua kategori tambahan, yaitu 'Polisi Pelindung Perempuan dan Anak' serta 'Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Berikut ini daftar penerima Hoegeng Awards 202

- Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyar

- Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibow

- Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utam

- Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Makruf Surot

- Polisi Berintegritas: Kombes Darmant

Adapun Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 terdiri dari Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si, mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M, anggota Kompolnas Poengky Indarti, S.H., LL.M, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., M.M. (Simonooioah3:'.. . . i.i.. n.t.i.. i.n.i.i.m.i.Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., M.M. (Simon)