Audit Kinerja dan Periksa Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Tim Itwasum Polri Kunjungi Polresta Manado - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Audit Kinerja dan Periksa Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Tim Itwasum Polri Kunjungi Polresta Manado

Tim Itwasum Polri didampingi Kombes Pol Julianto Parlindungan Sirait, SH, S.IK sedang memeriksa kendaraan operasional dan peralatan terkait persiapan pengamanan Pemilu 2024. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO - Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan audit kinerja tahap II Tahun Anggaran (T.A) 2023 di Polresta Manado, pada Jumat (25/08/2023). 

Audit kinerja yang digelar langsung di Markas Komando (Mako) Polresta Manado ini meliputi aspek pelaksanaan dan aspek pengendalian.

Kegiatan audit kinerja meliputi objek operasional, Sumber Daya Manusia (SDM), Logistik dan anggaran keuangan (Garkeu), pengecekan alat utama/alat khusus (alut/alsus), serta administrasi kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Audit dilakukan untuk memberikan keyakinan memadai bahwa penyelenggaraan manajemen aspek perencanaan dan pengendalian di bidang operasional, SDM, Logistik dan Garkeu telah berdasarkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan mengutamakan prinsip ekonomis, efektivitas dan efisiensi.

Selain memeriksa administrasi terkait laporan pelaksanaan berbagai kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan, tim juga mengecek sejumlah kendaraan operasional dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024.

"Melalui audit kinerja ini diharapkan dapat memberikan konsultasi dan kontribusi y├áng berarti bagi Polresta Manado dan jajaran guna menjamin terselenggaranya tugas-tugas Polri secara transparan dan akuntabel," tutur Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Parlindungan Sirait, SH, S.IK.  

Menurutnya, pengecekan kendaraan operasional beserta berbagai peralatan dan perlengkapan tugas kepolisian bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini barang-barang inventaris tersebut yang telah didistribusikan oleh Mabes Polri melalui Polda Sulawesi Utara (Sulut) ke Polresta Manado.

“Apakah sudah sesuai peruntukannya dan berfungsi dengan baik. Dari audit inilah dapat diketahui kendala atau permasalahannya. Kemudian dicarikan solusi secara bersama oleh tim audit dan berkoordinasi dengan Polresta Manado,” jelas Perwira Menengah (Pamen) Polri kelahiran Jakarta, 1 Juli 1978 ini.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1999 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini menambahkan, pengecekan kendaraan dan peralatan juga berkaitan erat dengan persiapan pengamanan rangkaian kegiatan pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

“Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan menghadapi Pemilu serentak 2024. Dengan persiapan pengamanan yang matang, diharapkan Pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai,” pungkas Kombes Pol Julianto Sirait, SH, S.IK. (Simon)