Digelar di Manado, Tim Itwasum Polri Audit Kinerja Polres Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Digelar di Manado, Tim Itwasum Polri Audit Kinerja Polres Minsel

Para Kabag, Kasat, perwira dan sejumlah brigadir Polres Minsel sedang mengikuti kegiatan audit kinerja tahap II T.A 2023. (Foto: Humas Polres Minsel)

Sulut24.com, MANADO - Polres Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti kegiatan audit kinerja tahap II Tahun Anggaran (T.A) 2023 yang dilaksanakan oleh Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri, pada Jumat (25/08/2023).

Audit kinerja tahap II T.A 2023 aspek pelaksanaan dan pengendalian ini dengan sasaran pemeriksaan Polres jajaran Polda Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan audit kinerja yang digelar di Markas Komando (Mako) Polresta Manado ini meliputi objek operasional, Sumber Daya Manusia (SDM), Logistik dan anggaran keuangan (Garkeu), serta pengecekan alat utama/alat khusus (alut/alsus), serta administrasi kesiapan pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Audit dilakukan untuk memberikan keyakinan memadai bahwa penyelenggaraan manajemen aspek perencanaan dan pengendalian di bidang operasional, SDM, Logistik dan Garkeu telah berdasarkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan mengutamakan prinsip ekonomis, efektivitas dan efisiensi.

Sebagaimana diketahui, Itwasum Polri merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolri. 

Itwasum Polri bertugas membantu dalam menyelenggarakan pengawasan di lingkungan Polri untuk memberikan penjaminan kualitas dan memberikan konsultasi, serta pendampingan kegiatan pengawasan lembaga pengawas eksternal di lingkungan Polri.

Adapun Polres Minsel mendapat jadwal untuk diaudit bersama beberapa polres lainnya di jajaran Polda Sulut, pada hari Jumat (25/08/2023). 

Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH memimpin langsung rombongan personel Polres Minsel saat mengikuti kegiatan audit tersebut. (Foto: Humas Polres Minsel)

Tampak Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH memimpin langsung rombongan personel Polres Minsel saat mengikuti kegiatan audit tersebut.

"Kami mengikutkan para Kepala Bagian (Kabag), Kepala Satuan (Kasat), perwira dan sejumlah brigadir untuk diperiksa oleh Tim Itwasum Polri kaitan dengan pertanggungjawaban kinerja. Apa yang sudah dibuat, hasilnya apa, dan juga dokumen pertanggungjawaban anggaran," terang Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK, MH kepada wartawan.

Terpantau, kegiatan audit berlangsung mulai pagi hingga petang, dimana masing-masing bagian, satuan fungsi dan seksi diperiksa satu per satu oleh Tim Itwasum Polri.

Menjelang malam, kegiatan audit untuk Polres Minsel dinyatakan selesai. "Tinggal menunggu hasil audit," jelas Kapolres Minsel.

Usai kegiatan, rombongan personel Polres Minsel tampak langsung bergegas kembali pulang ke Amurang untuk melanjutkan tugasnya sesuai tugas pokok masing-masing. (Simon)