Tinggal 17 Hari Lagi, KPU Minut Siap Gelar Pileg dan Pilpres 2024 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tinggal 17 Hari Lagi, KPU Minut Siap Gelar Pileg dan Pilpres 2024

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda saat melakukan simulasi pencoblosan kertas suara (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Tinggal 17 hari lagi hari H pencoblosan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara saat ini menyatakan telah siap menggelar pesta demokrasi lima tahunan ini.

Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw mengatakan secara garis besar jajarannya sudah siap menghadapi Pemilu pada tanggal 14 Februari mendatang. Hal itu didasarinya dari kesiapan logistik sudah dalah tahap seting dan packing.

"Untuk distribusi kotak dan kertas suara nanti kami lakukan 2 hari sebelum pencoblosan. Dan saat ini kami meminta bantuan Pak Kapolres, Pak Dandim untuk pengawalannya dan kami juga memohon bantuan Pak Bupati dan Wakil Bupati untuk alat transfortasi untuk distribusi kepulau," kata Lumanauw yang juga mantan  Jurnalis.

Sementara itu KPU Minahasa Utara (Minut) menggelar simulasi pemilihan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Bupati Minut, Senin (29/1/2024).

Pemantapan proses pemilihan dan perhitungan suara Pemilu 2024 tinggal menghitung hari

Menurut Lumanauw dimana kegiatan ini bertujuan untuk lebih memantapkan proses pemungutan dan perhitungan suara kepada pihak penyelenggara di tingkat KPPS.

"Jadi, selain pemantapan bagi penyelenggara kami di tingkat KPPS, PPS, PPK, kami juga mensosialisasikan tata cara proses pemilihan, pemungutan hingga perhitungan suara kepada masyarakat," jelasnya.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan similulasi ini mengingat Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu sebelumnya dengan menggunakan 5 kertas suara.

"Simulasi ini perlu dilakukan apalagi dalam perhitungan suara ada penggunaan apilikasi yang namanya Sirekap. Aplikasi Sirekap ini lebih cepat untuk melakukan rekavitulasi perhitungan suara nanti," kata Joune Ganda.

Pada kesempatan tersebut Bupati Joune Ganda mengajak semua insan Pers yang ada di Minut, untuk dapat mengsosialisasikan tata cara proses pemilihan dan perhitungan suara ke masyarakat. (Joyke)