Basarnas Manado Evakuasi Dua Pendaki Gunung Klabat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Basarnas Manado Evakuasi Dua Pendaki Gunung Klabat


Tim Sar Gabungan saat melakukan evakuasi korban

Sulut24.com - Minahasa Utara, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi dua orang pendaki Gunung Klabat yang mengalami kelelahan dan sakit saat mendaki. Minggu (10/11/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, evakuasi dilakukan setelah tim Basarnas menerima informasi adanya dua orang pendaki yaitu Novita Sarempa (37) (P) dan
Daud (29) (L) yang mengalami kelelahan dan sakit saat melakukan pendakian.

Mendapat informasi tersebut, tim Basarnas yang dibantu tim Sar Universitas Klabat (Unklab) serta keluarga korban langsung begerak melakukan pencarian. Kedua korban kemudian ditemukan pada ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut (mdpl) dalam kondisi selamat.


Setelah ditemukan, korban langsung diberikan pertolongan pertama. Usai mendapat pertolongan pertama, keduanya kemudian dievakuasi dengan cara digendong dan dipapah menggunakan tandu darurat.

Kepala Kantor SAR Manado Gede Darmada mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pencarian tersebut.

“Kami dari Basarnas Manado mengucapkan Terima kasih kepada seluruh unsur yang turut terlibat bersama Basarnas yaitu potensi Sar UNKLAB serta keluarga korban yang telah membantu proses pencarian dan turut memberi pertolongan kepada korban sehingga bisa dievakuasi dengan selamat," tuturnya.

Darmada juga menghimbau kepada seluruh pendaki agar menyiapkan fisik sebelum melakukan pendakian agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

"Dihimbau kepada seluruh pencinta alam yang suka naik gunung, harap disiapkan fisiknya, sehingga pada saat mendaki tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Darmada.
(Fn)