Antisipasi Penyebaran Covid-19, Beberapa Kampung di Sitaro Siapkan Rumah Singgah, Untuk Warga Yang Baru Datang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Beberapa Kampung di Sitaro Siapkan Rumah Singgah, Untuk Warga Yang Baru Datang


Foto: Twitter, Jacson Baginda

Sulut24.com - Sitaro, Kita perlu mengambil contoh di beberapa kampung di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), aktif melakukan upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, selain melakukan pembatasan akses ke luar masuk hingga pengecekan kesehatan dilakukan, agar satu wilayah tidak terjangkiti Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Nah di Kampung Tulusan, Kecamatan Tagulandang yang sudah menyiapkan rumah singgah, dan sudah dimanfaatkan, hingga kini ada tiga orang yang menghuni rumah singgah tersebut.

"Kami sengaja menyiapkan tempat ini, karena anak-anak yang pulang kampung kami harus terima, namun harus melalui karantina di rumah singgah ini, dan kini sudah ada tiga orang yang tinggal, diantaranya ada yang pasangan suami istri baru datang dari Manado, ada yang dari Pekanbaru, Riau, dan harus tinggal dirumah singgah untuk menjalani isolasi mandiri," ungkap Kapitalau Tulusan, Hibor Sawori.

Sawori juga menambahkan, ada dua rumah singgah yang disiapkan,
"Ini dilakukan sudah melalui koordinasi dengan aparat kampung serta warga dan direspon positif hal kepedulian warga setempa demi kepentingan bersama," ujarnya.

Hal yang sama di kampung Lia, Kecamatan Siau Timur, juga menyediakan rumah singgah,
di kampubg tersebut memanfaatkan  fasilitas pemerintah yang kosong seperti ruang kelas PAUD dan rumah warga yang tak dihuni, fungsinya juga untuk warga yang baru datang di kampung Lia, untuk pelayanan karantina mandiri.

"Tempat rumah singgah ini, untuk mengatisipasi penyebaran Covid 19 di Kampung Lia, karena ada warga yan di PHK, tak lagi kuliah, dan kami tak mungkin menolaknya, namun harus melalui isolasi mandiri di rumah singgah ini, terlebih dahulu," ucap Irma Kahiking, Kapitalau kampung Lia.

Sementara Kadis Kominfo Sitaro Jacson Baginda S.ST, saat di hubungi membenarkan ada upaya beberapa Kampung menyediakan Rumah Singgah, ini hal yang sangat baik, dan sesuai anjuran Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE, dimana secara Gotong royong memerangi penyebaran Covid-19 di Seluruh wilaya Sitaro.

"Kami menghimbau kalau boleh semua kampung di Sitaro untuk menyediakan rumah Singgah, dan terpenting, semua harus displin, rajin cuci tangan, jaga jarak memakai masker bila leluar rumah," tutup Baginda.
(rdy)