Camat Miangas: Kami Terus Lakukan Upaya Cegah Penularan Corona - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Camat Miangas: Kami Terus Lakukan Upaya Cegah Penularan Corona


Camat Miangas Sepno Lantaa

Sulut24.com - Talaud, Merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19) khususnya di Indonesia membuat seluruh masyarakat waspada dengan virus yang pertamakali ditemukan di Wuhan China tersebut.

Berbagai daerah di Indonesia mulai melakukan langkah-langkah pencegahan demi memperlambat penyebaran Covid-19.

Salah satu wilayah yang turut mengantisipasi penyebaran Corona adalah Miangas.

Warga di pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina tersebut terus melakukan upaya demi mencegah penyebaran Virus Corona.

Camat Miangas Sepno Lantaa mengatakan pihaknya telah memperketat penjagaan keluar masuk pulau tersebut terutama jalur penyebrangan dari Miangas menuju Filipina dan sebaliknya.

Tambahnya, selain itu, tidak adanya stok masker di Pulau tersebut membuat warga harus membuat masker sendiri.

"Segala usaha dan upaya telah di lakukan. Walaupun dengan kemampuan seadanya, seperti pembuatan masker secara mandiri, memperketat arus keluar masuk warga dari dan ke negara tetangga Filipina, melakukan instruksi pemerintah untuk tidak lakukan pengumpulan warga dalam jumlah yang lebih dari 10 orang, melakukan (social distancing) juga merapkan pengaturan jarak (physical distancing)," tutur Lantaa, Senin (31/3/2020).

Terkait ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di kecamatan khusus tersebut, Lantaa mengatakan sampai saat ini belum masih minim, namun tambahnya hal tersebut sudah di sampaikan kepada pemerintah daerah dalam rapat bersama dengan camat se-Kabupaten Talaud pada Senin (31/3).

"Pemerintah daerah lewat satgas Covid-19 Talaud akan mengirimkan APD, bahkan semua yang di perlukan oleh petugas termasuk cairan desinfektan," jelasnya.

Menurutnya, hal lain yang perlu diantisipasi adalah ketersediaan makanan di wilayah tersebut.

"Perlu diantisipasi secepatnya adalah ketersediaan bahan makanan selain APD dan peralatan medis lainya," ucap Lantaa

Ia pun berharap agar bantuan Pemerintah Daerah dapat segera disalurkan ke wilayahnya.
(Koldius)