Angka Positif Terus Meningkat, dr. Dandel Harapkan Sulut Masuki Puncak Pandemi Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Angka Positif Terus Meningkat, dr. Dandel Harapkan Sulut Masuki Puncak Pandemi Covid-19

Grafik penggandaan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara
(Gambar via Zoom Meeting/Diknkes Sulut)

Sulut24.com - Manado, Dengan peningkatan pasien terkonfimasi positif, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Steaven Dandel berharap Sulut mulai memasuki masa puncak pandemi Covid-19.

Hal tetsebut disampaikan Dandel dalam konferensi pers daring pada Kamis (28/5/2020).

"Secara berturut-turut Sulawesi Utara bertambah 16 kasus, dengan jumlah yang makin konstan maka kita berharap nantinya mulai ada tanda-tanda pendataran dari kasus-kasus ini," tuturnya.

"Kita berharap ini menjadi indikasi awal untuk kemudian secara epidemiologi Provinsi Sulawesi Utara sudah akan memasuki masa-masa puncak dari Covid-19," tambahnya.

Tetapi Ia mengatakan petugas kesehatan, tim surveillance maupun tim medis yang ada di rumah sakit tidak akan terlena dengan situasi tersebut dan akan terus bekerja secara maksimal untuk menangani penyebaran Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara.

"Terutama terkait tindakan mencari kontak erat resiko tinggi dari pasien-pasien yang terkonfirmasi positif akan tetap berlangsung aktif di lapangan, sehingga kemudian update kasus itu betul-betul memperlihatkan kondisi epidemiologi sebenarnya dan bukan justru karena terjadinya pernurunan aktivitas di lapangan," jelas dr. Dandel.

Menurutnya akan berbahaya jika terjadi penurunan aktivitas lapangan, karena data kasus akan terlihat menurun tapi fenomena yang sebenarnya akan berbeda.

"Untuk itu sampai saat ini kami tetap mendistribusikan seluruh perangkat, alat laboratorium yang diperlukan untuk pemeriksaan swab ke seluruh Kabupaten Kota, agar pemeriksaan swab kepada kontak erat rasiko tinggi dan orang-orang yang diyakini terpapar Covid-19 ini tetap berlangsung di lapangan," tandasnya.

Tambahnya saat ini konsentrasi utama tim medis adalah untuk mendeteksi sebanyak mungkin pasien terkonfirmasi positif.

"Dengan menangkap sebanyak mungkin kasus-kasus yang positif kita berharap kita akan mampu menahan penyebaran dari Covid-19 ini. Kalau tidak berhasil kita tangkap maka mereka akan menjadi sumber penularan di masyarakat sehingga penyebaran makin hari akan semakin meluas," jelas dr. Dandel.
(Fn)

Baca Juga : 
Soft Launching: OnCall Driver Hadir di Sulut! Banyak Keunggulan Bagi Mitra OnCall