Sempat Tertahan di Ternate, Akhirnya 16 Pekerja Tambang Tiba di Bolmut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Sempat Tertahan di Ternate, Akhirnya 16 Pekerja Tambang Tiba di Bolmut


Proses pengecekan suhu tubuh 16 warga Bolmut yang baru tiba oleh tenaga medis Bolmut
(Foto: Sulut24/FM) 

Sulut24.com - Bolaang Mongondow Utara, Setelah sempat tertahan di Kota Ternate, akhirnya 16 warga Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang bekerja sebagai penambang emas di Kota Tarnate tiba dengan selamat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada Jumat (15/5/2020).

Kedatangan 16 warga Bolmut tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Jusnan Mokoginta. Menurutnya kedatangan para penambang tersebut mendapat pengawalan ketat dari tim dari Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut.

“16 warga Bolmut yang baru tiba malam ini mereka sudah melalui tahap pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Covid-19 dan telah disetujui oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk dipulangkan,” kata Jusnan.

Menurutnya pemulangan ke 16 warga Bolmut tersebut melalui proses negosiasi panjang dengan tim satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara.

"Setelah melalui negosiasi ketat dengan pihak Dinkes Bolmut, sesuai undang-undang Karantina yang berlaku, maka pihak Bapelkes Provinsi Sulut mengijinkan mereka pulang, dengan ketentuan wajib dilakukan isolasi setibanya di Bolmut,” ungkap Jusnan.

Ia pun menambahkan setibanya di Bolmut, 16 warga tersebut diberikan pengarahan dan edukasi. Setelah itu dilakukan pemeriksaan kembali untuk kelengkapan surat-surat kesehatan, selanjutnya, 16 warga tersebut kemudian diberangkatkan lagi ke wilayahnya masing-masing.

Menurut Jusnan, 16 warga tersebut wajib melakukan isolasi mandiri dirumah setelah tiba ditempat tujuan masing-masing.

Diketahui 16 warga Bolmut tersebut merupakan bagian dari penumpang Kapal Permata Obi yang sebelumnya tertahan di pelabuhan Ternate dan kemudian tiba di pelabuhan Manado pada Selasa (12/5).
(Fm)