Ribuan Sampel Swab Menunggu Pemeriksaan Laboratorium - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Ribuan Sampel Swab Menunggu Pemeriksaan Laboratorium

Ilustrasi
(Foto: Reuters/Wolfgang Rattay via suarasurabaya.net)
Sulut24.com - Manado, Sampai saat ini Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Manado (BTKLPP) terus melakukan pemeriksaan sampel swab dari pasien yang terindikasi terjangmit Covid-19.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel, sampai pada hari Minggu (21/6), Laboratorium BTKLPP telah memeriksa kurang lebih 9.442 sampel yang diterima oleh Laboratorium BTKLPP, tambahnya dari sekian banyak sampel tersebut 400 diantaranya merupakan kiriman dari Provinsi Maluku Utara.

"Dari 9.442 yang diterima oleh BTKL ini 6.889 itu sudah dilakukan preparasi sampel dan 5.756 diantaranya itu sudah keluar hasil, yang dalam antrian untuk diperiksa PCR itu 1.133," tuturnya  Senin (22/6/2020).

Dia juga mengatakan selain itu masih ada 1.237 sampel yang belum diproses.

Untuk mempercepat proses pemeriksaan sampel, dr. Dandel mengatakan bahwa ada 700 sampel yang dikirim ke Laboratorium di luar daerah oleh BTKLPP.

"Kurang lebih ada 700 sampel sudah dikirim ke Jakarta ditambah dengan 500 sampel yang dikirim ke Makasar," tuturnya.

Dandel menuturkan, saat ini Gugus Tugas pemerintah Provinsi Sulawesi utara terus berusaha untuk mencari solusi untuk mengurangi antrian sampel di Laboratorium yang ada di Sulawesi Utara.
(Fn)


Advertisement





 

Advertisement