Sebentar Lagi Indonesia Produksi Alat Rapid Test - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Sebentar Lagi Indonesia Produksi Alat Rapid Test

Ilustrasi 
(Foto: shutterstock via detik.com)
Sulut24.com - Manado, Untuk memenuhi kebutuhan alat tes cepat screening awal Covid-19 atau rapid test guna mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, saat ini pemerintah pusat sedang mempersiapkan berbagai hal terkait proses produksi alat rapid test.

Menurut dr. Steaven Dandel yang merupakan Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara, rencana produksi rapid test dalam negeri itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto dalam rapat daring pembahasan kesiapan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penerapan tatanan New Normal pada Jumat (19/6).

"Tidak lama lagi Republik Indonesia akan mulai memproduksi rapid test buatan bangsa sendiri. Tadi disampaikan oleh Bapak Menteri Kesehatan bahwa upaya untuk memproduksi rapid test yang dibuat oleh negara kita sudah memasuki tahap akhir," tutur Dandel dalam Konferensi Pers daring bersama awak media, Jumat (19/6/2020).

Dia mengatakan keberadaan rapid test produksi dalam negeri nantinya akan sangat membantu terutama terkait penghematan dan efektivitas dalam kegiatan penanggulangan.

Menurutnya, ketika Indonesia sudah mampu memproduksi alat rapid test, maka ketergantungan akan produksi luar negeri akan berkurang.

"Ketika bangsa kita sudah mampu memproduksi alat-alat seperti ini, maka ketergantungan dari produksi luar negeri akan makin berkurang dan renspon terhadap potensi wabah di kemudian hari bisa dipercepat," jelasnya.
(Fn)


Advertisement





 

Advertisement