Menkominfo RI, Kunjungi Kota Bitung - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Menkominfo RI, Kunjungi Kota Bitung

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Jhonny G Plate
(Foto: Sulut24/
rdm/Ing)
Sulut24.com - Bitung, Kota Bitung, kali ini kedatangan tamu istimewa yakni Menteri Komunikasi dan Informatika RI Jhonny G Plate, kunjungan kerja ke kota Bitung ini, dalam rangka peninjauan dan penilaian lokasi pembangunan Pusat Data nasional, kerja site visit program pelapa ring akses internet dan BTS di Kota Bitung bertempat di Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu, selasa, (28/7/20).
Meteri didampingi Ditjen Aplikasi informatika, saat tiba di kota Cakalang, rombongan disambut langsung Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban, dan Pejabat Pemkot Bitung, serta unsur Forkopimda dan anggota DPRD Bitung.


Dalam acara tersebut Menkominfo mengungkapkan ada  kebahagiaan tersendiri secara pribadi karena bisa berkunjung  di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Kota Bitung, meski di tengah masa pandemic Covid-19, untuk melihat kesiapan Masyarakat khususnya Kota Bitung dalam menghadapi era digital, dimasa pandemic ini, secara tidak langsung dikatakannya mendorong akselerasi transformasi  digital dan mendorong percepatan untuk masuk dalam era masyarakat digital.


“Masyarakat digital ini hanya dapat dilakukan dengan baik apabila semua infrastruktur Informatika telah digelar dengan baik di seluruh wilayah tanah air,” ungkap Plate.


Menteri juga melihat kesiapan salah satu dari 4 pembangunan pusat data nasional, karena Indonesia saat ini membutuhkan pusat data. Sesuai dengan rencana, dimana empat pusat data nasional yang direncanakan tersebut masing-masing berlokasi di Jakarta, Kota Bitung, Kalimantan Timur yakni calon Ibu kota Negara dan Kepulauan Riau yakni Batam.


“Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia sangat membutuhkan pusat data nasional. Dan saat ini Indonesia memiliki 700 Data center, dan sebagian besar diantaranya tidak memenuhi standar Global, hanya sekitar 3% saja yang memenuhi standar global,” lanjutnya, ia sendiri berharap Pembangunan Pusat Data Nasional di Kota Bitung ini dapat berjalan sesuai rencana dan selesai tepat pada waktunya.


Sementara Wali Kota Bitung,  menyampaikan secara singkat rencana lokasi pembangunan Pusat data Nasional dihadapan Menkominfo, yaitu Pemerintah Kota Bitung telah menyiapkan lahan seluas 4,3 hektare dan sesuai dengan master plan. "Pengembangan wilayah barat Kota Bitung diperuntukan sebagai pemukiman, dan juga kedepannya direncanakan akan dibangun sebuah universitas," tambah Walikota.
(rdm/Ing)


Advertisement





 

Advertisement