Pemkot Gelar Talk Show ‘Bincang Bitung’ Tema : Lumbung Pangan Kota Bitung - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Pemkot Gelar Talk Show ‘Bincang Bitung’ Tema : Lumbung Pangan Kota Bitung

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban bersama para petani Milenial dalam kegiatan Talk Show Bincang Bitung
(Foto: Pemkot Bitung)
Sulut24.com - Bitung, Walikota Bitung, Maximiliaan J Lomban didampingi  First Lady, Ibu Khouni Lomban Rawung mengenakan costum bernuansa  hijau menghadiri  gelar  talk show dalam sesi terpisah dengan tema tentang Lumbung Pangan Kota Bitung. Acara ini juga menghadirkan dua orang petani millenial sebagai nara sumber  terbilang cukup berhasil dalam menggeluti usaha bercocok tanam di Kota Bitung.

Dalam rangkaian kegiatan yang dikemas tim bincang  Bitung tersebut diawali dengan perbincangan hangat tentang bagaimana awalnya kedua petani millenial ini memulai usaha pertanian padahal mereka tidak memiliki latar belakang ilmu bertani, namun petani yang belajar secara otodidak ini dengan keuletan dan cekatan dapat mengembangkan hasil taninya menjadikan nilai ekonomi meningkat, dan dalam perbincangan terungkap kiat-kiat untuk berusaha menjadi petani milenial yang dapat menciptakan peluang untuk menambah pendapatan dan membantu kehidupan keluarga meski harus berhadapan dengan Pandemi Covid-19.

Walikota Maximiliaan Bitung J Lomban bersama Ibu Khouni Lomban Rawung 
Acara talk show yang inspiratif ini, dipandu sendiri oleh Bapak Walikota Bitung bersama Miss Earth Sulawesi Utara 2019 Safira Rumimper, cukup banyak membahas tentang bagaimana upaya pemerintah dalam hal menjaga ketersediaan bahan pangan. Langkah awal yang juga telah di lakukan oleh Tim Penggerak PKK Kota Bitung dengan menggalakkan Kebun PKK dalam rangka meningkatkan kualitas Lumbung Pangan Kota Bitung berbasis keluarga dan kelurahan.

Ibu Khouni Lomban Rawung dalam acara Talk Show Bincang Bitung
“Saya sendiri salut buat Petani yang punya inisiatif mengembangkan usaha bertani hingga menghasilkan nilai ekonomi, untuk ini saya sebagai Wali kota Bitung menghimbau  agar kaum melianial untuk berinisiatif bercocok tanam kembangkan  ekonomi  lewat pertanian baik untuk keluarga yang pasti akan berefect positif buat masyarakat Kota Bitung pada umumnya,“ imbuh  Wali kota pilihan rakyat Bitung ini.

Ibu Khouni Lomban Rawung  bersama petani Milenial 
Ketua TP PKK Bitung Dra Khouni Lomban Rawung di sesi terpisah, First Lady Kota Bitung ini yang dikenal sangat aktif di bidang kemanusiaan dan Lingkungan ini secara marathon  menghimbau, bahkan  mengajak masyarakat untuk ba kobong dengan memanfaatkan lahan tidur atau pekarangan rumah guna menunjang ekonomi keluarga dalam masa pandemi ini.

“Kami sudah  terjun langsung melihat dan menanam bersama  di kebun PKK masing masing Kecamatan, dan kedepan giat tani ini khususnya buat anggota TP PKK, di Kecamatan maupu kelurahan lebih mengembangkan pertanian di wilayah masing-masing,“ tutur First Lady Kota Bitung.

Ibu Khouni Lomban Rawung 
Sementara petani milenial  Andre Tambayong dan Servi Kaunang  juga menyampaikan harapan kepada Bapak Walikota Bitung untuk kiranya Pemerintah Kota Bitung menopang usaha pertanian ini dalam hal perbaikan lahan dan  penjualan hasil tani.

 “Kami berharap pemkot Bitung dalam hal ini Pa Wali Kota, untuk membantu penggarapan dan perbaikan lahan  juga dalam hal pemasaran hasil tani,“ pinta Andre yang di iyakan Servi Kaunang. 
Kerinduan kedua petani melianial dapat respon positif dari seorang Wali Kota yang rendah hati  tentunya pemkot akan memperhatikan dan ia meminta  agar memanfaatkan program UMKM online dalam hal pemasaran produk.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban
Diakhir acara Talk Show Bincang Bitung ini, hingga malam larut Rabu (2/6/2020), Orang nomor 1 Kota Bitung meminta kepada rakyatnya untuk dapat memanfaatkan pertanian sehingga akan semakin bertambah banyak petani petani milenial yang baru.

“Mari kita selalu hidup sehat, jangan lupa berolahraga, jaga jarak dan tetap pakai masker dan selalu berdoa,“ ucap Wali kota Bitung Maxmilian Jonas Lomban.
Sembari  menutup rangkaian giat ini.
(rdm/Ing)
Pesan Sekarang