3.577 Personil TNI/POLRI Siap Amankan Pilkada Serentak di Sulut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

3.577 Personil TNI/POLRI Siap Amankan Pilkada Serentak di Sulut

Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra S.
(Foto: Sulut24/Fn)
Sulut24.com - Manado, TNI/POLRI siap mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Sulawesi Utara (Sulut). Sebanyak 3.577 personil TNI/POLRI akan disiagakan untuk beroperasi menjaga keamanan Pilkada serentak di wilayah hukum Sulut.

Kesiapan TNI/POLRI mengamankan Pilkada serentak di Sulut ditandai dengan penyematan pita operasi kepada dua personil TNI/POLRI oleh Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra S dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kamis (3/9/2020).

Acara penyematan pita operasi kepada TNI/POLRI di Sulut, dilaksanakan saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja di aula Tribrata Polda Sulut dan diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran Polres dan Kodim.

"Apel ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan kita sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan, dengan demikian Pilkada serentak 2020 dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai," ujar Kapolda dalam amanatnya.

Pilkada serentak 2020, kata Kapolda, memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena akan memilih Kepala Daerah. Kondisi ini menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

Dalam kacamata kamtibmas, kata Kapolda, peningkatan intensitas kegiatan politik akan memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Diantaranya pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan serta penyebaran hoax dan hate speech.

"Oleh karena itu Polda Sulut bersama Kodam XIII/Merdeka dan instansi terkait lainnya perlu melaksanakan pengecekan terhadap kesiapan dalam menghadapi Pilkada serentak 2020," kata Kapolda.

Kapolda juga menegaskan, Polri, TNI, Pemda dan instansi terkait lainnya berkomitmen untuk terus bekerja keras menjamin penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai.

"Perkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pilkada yang aman, lancar dan damai. Jaga netralitas Polri serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu," tandas Kapolda.

Pada apel berstandar protokol kesehatan pencegahan covid-19, hadir Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata, Ketua KPU Sulut, Ketua Bawaslu Sulut, Kasat Pol PP Provinsi Sulut, para PJU Polda dan para Kapolres/ta jajaran.
(*/Ag)