Diresmikan Jokowi, Tol Manado - Bitung Jadi Tol Terpanjang di Pulau Sulawesi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diresmikan Jokowi, Tol Manado - Bitung Jadi Tol Terpanjang di Pulau Sulawesi

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. (Istimewa)

Sulut24.com - Manado, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer.

Peresmian jalan tol pertama di wilayah paling utara Indonesia ini dilaksanakan secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9/2020).

“Alhamdulillah, Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer sudah selesai, sudah rampung, dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,” ucap Presiden Jokowi saat meresmikan tol Manado - Bitung didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dengan adanya Jalan Tol ini maka waktu tempuh dari Manado ke Bitung menjadi jauh lebih cepat.

“Yang dulu ditempuh 1,5 jam sekarang hanya setengah jam saja, ini sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali,” lanjut Presiden. 

Selain itu, kata Jokowi, Jalan Tol ini juga dirancang untuk terintegasi dengan kawasan industri maupun kawasan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga kawasan tersebut menjadi lebih cepat dan mudah dijangkau, lebih terkenal, serta mudah dikembangkan.

“Dengan adanya Jalan Tol ini maka biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien, daya saing juga otomatis akan meningkat,” kata Jokowi

”Tugasnya pak gubernur menarik investasi untuk KEK,” tambah Jokowi.

Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni bersama Forkopimda Sulawesi Utara saat mendampingi Menteri PUPR DR. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono pada persemian ruas Tol Manado-Bitung. (Istimewa)

Diketahui, Jalan Tol Manado - Bitung sepanjang 40 kilometer ini, merupakan Jalan Tol terpanjang di Pulau Sulawesi dengan nilai investasi pembangunan mencapai Rp 5,12 triliun.

Untuk pembangunan Jalan Tol ruas Manado - Airmadidi sepanjang 15 kilometer didanai langsung oleh APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedangkan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dilaksanakan oleh PT Jasa Marga dengan skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha). 

Peresmian Jalan tol tersebut dihadiri langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Hadir pula Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni, Sekdaprov Edwin Silangen, Pangdam XIII/Merdeka  Mayjen TNI Santos G. Matondang, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol RZ Panca Putra, Pjs Bupati Minahasa Utara Clay June Dondokambey, Direktur Utama PT Jasa Marga, dan Direktur Utama PT PP.

(Tim-Red)