Antisipasi Adanya Gelombang 'COVID Susulan' di Sulut, Masyarakat Diimbau Waspada dan Disiplin! - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Antisipasi Adanya Gelombang 'COVID Susulan' di Sulut, Masyarakat Diimbau Waspada dan Disiplin!

Ilustrasi peningkatan kasus Covid-19. Gambaristockphoto.com

Sulut24.com - Manado, Dalam waktu 7 bulan sejak diumumkannya kasus pertama Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut), per 19 Oktober 2020 jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Sulut telah mencapai angka lebih dari 5.000 kasus.

Menyikapi hal ini, Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara memberikan review singkat terkait perkembangan epidemiologis Covid-19 selama 4 bulan terakhir ini, sesuai dengan grafik tren penambahan angka kasus positif per hari.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, dr. Steaven Dandel menguraikan, Grafik pertambahan kasus harian menunjukkan bahwa puncak pertambahan kasus harian terbanyak terjadi pada minggu ke 2 bulan Juli 2020 sampai dengan minggu pertama bulan Agustus 2020 dan kemudian berangsur angsur menurun.

”Selama bulan September 2020 terlihat kurva pertambahan rata-rata kasus harian berada pada angka terendah (Garis merah putus-putus),” ungkap Dandel, dalam siaran pers, Rabu (21/10/2020).

Pada saat puncaknya setiap hari rata-rata bertambah 60 kasus terkonfirmasi positif, tetapi pada bulan September angka rata-rata ini berkurang menjadi 20 kasus per hari. 

Akan tetapi, kata Dandel, sejak awal Oktober terlihat adanya peningkatan jumlah kasus harian menjadi 30-an kasus per hari.

Grafik tren penambahan kasus positif harian di Sulawesi Utara (Gambar: Satgas Covid-19 Sulut)

”Fenomena ini (lingkaran oranye), terlihat identik dengan kurva pada awal Juni, sebelum memasuki puncak pada bulan Juli,” beber Dandel

Oleh karenanya, kewaspadaan dari seluruh pemangku kepentingan dan kedisiplinan dari seluruh komponen masyarakat harus ditingkatkan sejak sekarang ini.

”Kewaspaan dan kedisiplinan dari seluruh komponen harus ditingkatkan, guna menghindari terjadinya fenomena puncak gelombang kasus Covid-19 seperti yang terjadi pada bulan Juli yang lalu,” tukas Dandel, sembari mengingatkan agar warga Sulut jangan menganggap remeh Covid-19 dengan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

Untuk diketahui, data terakhir yang dimiliki Sulut24.com, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara pada Kamis (30/7/2020) lalu, sebanyak 87 kasus per hari.

Artinya, pada bulan Juli yang lalu, kasus tersebut merupakan kasus tertinggi di Sulawesi Utara. (Melky)


Advertisement





 

Advertisement