Cagub Olly, Onibala dan FDW-PYR Hadiri Perayaan HUT ke-168 GMIM Efrata Pinamorongan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Cagub Olly, Onibala dan FDW-PYR Hadiri Perayaan HUT ke-168 GMIM Efrata Pinamorongan

Prosesi Ibadah Perayaan HUT ke-168 jemaat GMIM Efrata Pinamorongan (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com – Minsel, Perayaan HUT ke-168 Jemaat GMIM Efrata Pinamorongan wilayah Tareran Dua, Kabupaten Minahasa Selatan, membawa sukacita tersendiri bagi warga jemaat setempat. 

Betapa tidak, sejumlah public figure turut hadir pada hajatan yang digelar Senin (12/10/2020).

Lebih membanggakan lagi, tamu istimewa yang ditunggu-tunggu, Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE berkenan menghadiri ibadah syukuran tersebut. 

Selain itu, pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar SH dan Pdt. Petra Y. Rembang STh (FDW-PYR) serta Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki Marthen Onibala MSi juga ikut hadir.

Untuk menghindari terjadinya kumpulan massa sekaligus mengamankan hajatan religius tersebut, Kapolres Minahasa Selatan AKBP Norman Sitindaon SIK turun langsung di lokasi.

Kapolres memerintahkan Kabag Ops Kompol Rahmad Lantemona dan Kapolsek Tareran IPDA Betsy Lumi untuk memastikan prosesi ibadah di gedung gereja tetap mengikuti protap kesehatan Covid-19.

Ibadah syukuran yang dikoordinir langsung oleh Ketua BPMJ GMIM Efrata Pinamorongan, Pdt. Elvie Sumual Rau, MTh dan ketua panitia Femmy Marintja, MSi ini dipimpin Sekretaris Umum (Sekum) Sinode GMIM, Pdt. Evert Tangel, STh, MPdK.   

Dalam sambutannya, Olly menyatakan bahwa GMIM merupakan satu-satunya organisasi gereja di Indonesia yang tetap mampu memberi kontribusi nyata bagi warga jemaatnya yang terkena dampak pandemi Covid-19. 

”Hampir semua lini sektor mengalami goncangan ekonomi, dan banyak masyarakat yang menderita akibat pandemi Covid-19. Namun kita patut bersyukur karena organisasi GMIM masih tetap eksis, bahkan mampu memberi kontribusi yang nyata bagi warga jemaatnya,” ujar Olly.

Pada kesempatan itu, Olly juga menyentil sejumlah terobosan yang berhasil dicapai dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw SE.

”Setelah berhasil mengekspor ikan tuna, baru-baru ini sejumlah komoditas non migas seperti bawang, mujair, dan gula batu juga sudah bisa diekspor langsung dari Pelabuhan Bitung ke mancanegara. Dan mayoritas komoditi non migas ini berasal dari kalangan petani di Kecamatan Modoinding-Minsel. Bila kita mau bekerja bersama, pasti akan membuahkan hasil yang besar,” tutur Olly. 

Pada kesempatan itu, Olly menyalurkan dana bantuan masing-masing sebesar Rp 25 Juta untuk gereja GMIM Efrata dan gereja GPdI Pinamorongan.

Tak hanya itu, Olly juga menyerahkan bantuan bagi seluruh lansia yang ada di Desa Pinamorongan.

Sementara itu, Pjs. Bupati Minsel Drs. Meiki Marthen Onibala, MSi dalam sambutannya melaporkan bahwa Pemkab Minsel telah menggelar kegiatan ‘Deklarasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)’. 

Hajatan ini sebagai tindak lanjut dari Gerakan Nasional Netralitas (GNN) ASN yang dicanangkan oleh Komisi ASN (KASN).

”Kegiatan ini diikuti seluruh pejabat eselon II dan III di jajaran Pemkab Minsel. Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, saya telah mengingatkan kepada segenap ASN untuk bersikap netral, agar tidak terjerat pelanggaran netralitas ASN,” ungkap Onibala sembari menyatakan bahwa Pemkab Minsel bersedia memberikan bantuan dana sebesar Rp 20 juta bagi jemaat GMIM Efrata Pinamorongan. 

Tak mau ketinggalan, Cabup FDW juga berkenan menyalurkan bantuan dana sebesar Rp2,5 juta untuk pengadaan bangku gereja.

Turut  hadir pada hajatan ini, Wakil Ketua DPRD Minsel Stevanus D.N. Lumowa SE dan anggota dewan Rommy D. Pondaag SH, MH, Camat Tareran Fibry Tumiwa SE, dan Hukum Tua Desa Pinamorongan Michael Tandayu SE, MAP. 

(Simon)