IKP Sulut Tinggi, Malonda Sebut Politik Uang Yang Paling Sering Terjadi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

IKP Sulut Tinggi, Malonda Sebut Politik Uang Yang Paling Sering Terjadi

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J.H Malonda (Foto: Sulut24/fn)


Sulut24.com - Manado, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Herwyn J.H Malonda mengatakan Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam Provinsi yang memiliki Index Kerawanan Pemilu yang tinggi. 

"Kalau melihat kerawanan, Sulawesi Utara di 9 Provinsi pemilihan paling tinggi, dari beberapa kabupaten/kota juga termasuk 10 besar," tutur Malonda Jumat (21/8/2020).

Ia berujar bahwa kerawanan yang paling sering terjadi adalah politik uang, dan menurutnya hal tersebut terjadi walaupun tidak dalam seituasi pandemi.  

Berkaitan dengan hal tersebut, Malonda menuturkan bahwa Bawaslu terus berupaya melakukan edukasi dan terus mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan diantaranya pelanggaran politik uang.

"Ada dua langkah, tolak politik uang atau ambil uangnya, jadikan barang bukti foto orang yang memberi dilaporkan, supaya memberikan efek jerah," jelas Malonda.

Selain itu, Ia juga mengakatan bahwa pada Pemilu 2019, Sulawesi Utara masuk dalam 10 besar terkait ketidak netralan ASN, untuk itu Malonda menuturkan bahwa terus menghimbau ASN maupun pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja untuk memperhatikan regulasi terkait netralitas ASN.

"Kerjalah dengan topiksi masing-masing, siapapun yang terpilih itu kan sudah ditentukan oleh Tuhan," tutupnya. 

(Fn)