Simak Arahan Wapres Dan KASN, Onibala Ikuti Kampanye Virtual GNN-ASN - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Simak Arahan Wapres Dan KASN, Onibala Ikuti Kampanye Virtual GNN-ASN

 Pjs Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala, MSi tampak serius mendengarkan arahan dari Wapres K.H Ma'ruf Amin (Istimewa)

Sulut24.com - Minsel, Pjs Bupati Minsel Drs. Meiki M. Onibala MSi mengikuti kegiatan kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas Aparatur Sipil Negara (GNN-ASN) yang disiarkan melalui Channel Youtube Komisi ASN, di Kantor Bupati Minsel, Rabu (7/10/2020).

Pada kesempatan itu, Onibala turut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan SE, MSi dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Minsel.

Dalam kampanye virtual yang dimulai pukul 10.00 Wita, digelar diskusi panel dengan pembicara Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KASN Agus Pramusinto dengan sambutan utama/pengarahan disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H. Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan pencanangan  'Deklarasi Netralitas ASN' yang diikuti lebih dari 1.238 peserta di jaringan virtual.

Peserta deklarasi terdiri dari  para kepala daerah, sekretaris daerah, BKD/BKPSDM, pimpinan Bawaslu Daerah, Inspektorat, Kanreg BKN dari 270 wilayah yang menyelenggarakan Pilkada serta Satuan Tugas Pengawasan Netralitas ASN.

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, GNN-ASN merupakan salah satu upaya bersama untuk mewujudkan netralitas ASN. Khususnya dalam penyelenggaraan pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

''Pemerintah mendukung KASN menjadi pengawas terdepan dalam mengawal netralitas ASN dalam kerangka sistem merit di seluruh intansi pemerintah,'' tutur Wapres. 

Sementara Ketua KASN Agus Pramusinto membeberkan data pelanggaran pilkada terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Data yang dihimpun oleh KASN per 30 September 2020, terdapat 694 pegawai ASN yang dilaporkan melakukan pelanggaran netralitas.

”Sebanyak 492 orang telah diberikan rekomendasi penjatuhan sanksi pelanggaran netralitas, dengan tindak lanjut pemberian sanksi dari PPK baru kepada 256 ASN atau sekitar 52%,” ungkap Agus.

Usai mengikuti kampanye virtual GNN-ASN, pada hari yang sama pukul 14.00 Wita Onibala juga mengikuti video conference  dengan gugus tugas covid-19 pusat dan Provinsi Sulut. 

Kali ini Onibala turut didampingi unsur Forkopimda Minsel dan Satgas Covid-19 Minsel.

Menindaklanjuti imbauan Wapres dan KASN, Onibala segera memerintahkan Sekda Kaawoan dan Kepala BKD Minsel untuk menghimpun seluruh ASN di Kabupaten Minsel, pada Senin (12/10/2020) mendatang.

”Agar tidak terjerat pelanggaran pilkada terkait netralitas ASN, kami akan menggelar kegiatan 'Deklarasi Netralitas ASN di aula Waleta kantor bupati,” kata Onibala. 

Selain diikuti seluruh ASN di jajaran Pemkab Minsel, lanjut Onibala, unsur Forkopimda serta para penyelenggara dan peserta pilkada juga akan diundang hadir. 

(Simon)


Advertisement





 

Advertisement