Wujudkan Pemilukada Bersih Di Sangihe, Bawaslu Intens Tangani Sejumlah Dugaan Pelanggaran - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Wujudkan Pemilukada Bersih Di Sangihe, Bawaslu Intens Tangani Sejumlah Dugaan Pelanggaran

Ketua Bawaslu Sangihe Junaidi Bawenti S.Hi (Istimewa)

Sulut24.com - Sangihe, Seiring bergulirnya tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak Tahun 2020.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menyatakan tekad untuk mengawal semua tahapan Pemilukada demi terciptanya Pemilu yang bersih, demokratis, bermartabat dan berkualitas.

Data dan informasi yang dirangkum Sulut24.com menyebutkan, dalam beberapa pekan terakhir, Bawaslu Sangihe telah menerima beberapa aduan tentang adanya dugaan pelanggaran Pemilu dan Bawaslu sendiri secara internal juga telah mengantongi sejumlah temuan yang terindikasi merupakan pelanggaran dalam tahapan Pemilukada tahun 2020.

Ketua Bawaslu Sangihe Junaidi Bawenti S.Hi ketika ditemui di Sekretariat Bawaslu di Kelurahan Tapuang Tahuna Timur, Selasa (13/10/2020) membenarkan, jika pihaknya tengah intens menindaklanjuti berbagai aduan dan temuan yang mengarah kepada dugaan pelanggaran Pemilu.

Dirinya menyatakan, hingga saat ini, Bawaslu Sangihe telah menerima dua pengaduan dan sembilan temuan berdasarkan laporan pengawasan.

”Ada dua aduan yg masuk tentang dugaan keberpihakan terhadap calon tertentu dan sembilan temuan Bawaslu berdasarkan laporan pengawasan,” Jelas Bawenti.

”Pengaduan yang masuk sudah ditindaklanjuti Bawaslu, begitu juga dengan sembilan temuan yang telah direkom ke pihak - pihak terkait,” tambahnya sambil meminta semua pihak agar patuh dan taat terhadap semua aturan yang berlaku.

Sementara itu, Wakil Ketua LP-KPK Sangihe, Frieg Ovriel Dareho mengapresiasi sikap dan tindakan Bawaslu Sangihe yang menindaklanjuti semua aduan dan temuan pelanggaran Pemilu tanpa pandang bulu.

”Kami mendukung Bawaslu Sangihe menuju Pemilu yang bersih dan berkualitas,” tegas Dareho.

(Johan)