Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Gelar Aksi Dukungan Terhadap UU Cipta Kerja - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Gelar Aksi Dukungan Terhadap UU Cipta Kerja

Ketua Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Lendi Sumolang saat menyampaikan orasi (Foto: Sulut24/Fn)

Sulut24.com - Manado, Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Mendukung UU Cipta Kerja Omnibus Law menyuarakan dukungan terhadap pemerintah dan DPR RI.

Dukungan tersebut disuarakan melalui aksi damai yang digelar pada Rabu (25/11/2020) di kawasan pantai Malalayang.

Dalam orasinya Ketua Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Lendi Sumolang menuturkan bahwa Undang-undang Omnibus Law atau Cipta Kerja merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membuka menumbuhkan penyerapan tenaga kerja.

Dia menambahkan bahwa setiap tahunnya jumlah angkatan kerja meningkat sekitar dua juta orang, dan semakin meningkat disaat pandemi Covid-19.

"UU Cipta Kerja jelas merupakan upaya yang luar biasa baik dari pemerintah untuk menjawab kebutuhan penyerapan tenaga kerja," tutur Sumolang.

Ia berujar bahwa UU Cipta Kerja yang telah di sahkan oleh DPR dan disetujui oleh pemerintah, didalamnya terdapat pemangkasan regulasi yang berbelit sehingga dapat meyakinkan investor untuk masuk dan membangun investasi di Indonesia. 

Selain itu dalam orasinya Sumolang juga menilai bahwa kehadiran UU Cipta Kerja merupakan upaya pemerintah untuk mencegah korupsi akibat banyaknya pintu yang harus dilalui untuk mengurus izin usaha.

"Lewat UU Omnibus Law ini semua itu kemungkinan besar hilang, tinggal bagaimana aturan ini dilaksanakan dan didukung oleh masyarakat," tuturnya. 

Tambah Sumolang, selain untuk pembukaan lapangan kerja, UU Cipta Kerja juga dapat mempermudah para pelaku usaha kecil menengah yang tidak memiliki akses terhadap pinjaman perbankan, pasalnya kebijakan terkait keharusan mempunyai badan hukum akan dihilangkan dan para pelaku usaha hanya diwajibkan untuk memberitahukan lokasi dan jenis usaha yang dijalankan.


"Supaya pemerintah tau lokasi usahanya dimana dan usahanya apa, jadi memudahkan teman-teman kita, bahkan kita jika mau memulai usaha, ini menjadi pintu bagi. Jadi saya mengajak kita semua agar bertekad untuk mensukseskan Omnibus Law," ucap Sumolang. 

Untuk itu Ia mengajak seluruh masyarakat termasuk generasi milenial untuk mendukung upaya DPR RI dan pemerintah untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat melalui kebijakan UU Cipta Kerja.

"Kita harus menjadi bagian terdepan, sukseskan ini, saya berharap teman-teman mendukung ini semua, kita sepakat kita sehati," pungkas Sumolang. 

Terpantau kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Korlap Aliansi Pemuda Sulawesi Utara  Wanja Takalao serta penasehat Aliansi Pemuda Sulawesi Utara Dr. Trius Abas. (Fn)