BAMUKISST Jembatani Ekspor Rumah Panggung Keluar Negeri - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

BAMUKISST Jembatani Ekspor Rumah Panggung Keluar Negeri

Suasana meeting awal pelaku usaha Manado dan beberapa Pengurus Besar BAMUKISST untuk rencana eskpor rumah panggung Sulut ke Dubai. (foto: ist/dok sulut24)

Sulut24.com - Manado, Selain melakukan sosialisasi program kerja dan konsolidasi organisasi sebagai amanat rapat kerja yang digelar 22 September 2020, Pengurus Besar BAMUKISST (Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud) saat ini mulai menjajaki dan menjembatani peluang ekspor rumah panggung Sulawesi Utara keluar negeri.

Hal ini disampaikan Sekretaris Umum BAMUKISST, Alfeyn Gilingan, Jumat (27/11/2020) kepada wartawan di Manado. "Namanya usaha, harus kita coba untuk membesarkan organisasi. Apalagi Bamukisst sebuah organisasi yang mengusung misi membantu pemerintah mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah," kata Alfeyn.

Disebutkan Alfeyn, ternyata permintaan dan kebutuhan rumah panggung Sulawesi Utara di luar negeri cukup besar walaupun saat ini masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Beberapa fungsionaris BAMUKISST sudah membangun komunikasi dengan sejumlah buyer di luar negeri sejak awal November.

"Ini peluang yang baik bagi BAMUKISST. Apalagi rumah panggung Sulut sangat disukai oleh masyarakat internasional. Dan saatnya juga bagi BAMUKISST untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, disampingnya tetap menjadi organisasi kekeluargaan yang bermartabat," jelas Alfeyn.

Sementara Persi Mose, warga Nusa Utara yang berdiaspora di Manado dan tergabung menjadi fungsionaris BAMUKISST, mengatakan sampai hari ini kebutuhan rumah panggung Sulut di beberapa negara Asia dan Eropa cukup besar terkait pariwisata internasional.

"Sampai sekarang permintaan rumah panggung Sulut oleh beberapa negara tetap berlangsung walau situasi belum membaik. Kita harus penuhi sesuai dengan mengikuti standar kesehatan yang berlaku saat ini," sebut Persi.

Dikatakan Persi, saat ini sudah ada permintaan sekitar 200-an unit rumah panggung Sulut dari dua negara di Eropa. Pengurus Besar BAMUKISST sudah menjembatani permintaan tersebut dengan beberapa pelaku usaha rumah panggung di Manado. 

"Peran BAMUKISST mendukung dan mengisi peluang ini sangat diperlukan. Kami senang ada peran organisasi seperti ini. Jumat malam kami bersama pelaku usaha baru  meeting, persiapan awal untuk memenuhi permintaan pesanan dari Dubai," kata Persi.(*)