Perjuangkan Nasib THL, Onibala Janji Naikkan Gaji - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Perjuangkan Nasib THL, Onibala Janji Naikkan Gaji

Pjs. Bupati Minsel, Drs. Meiki M. Onibala MSi sedang memberikan arahan kepada ratusan THL di aula Waleta. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Ini kabar gembira bagi ratusan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel). Penjabat sementara (Pjs) Bupati Minsel, Drs. Meiki Marthen Onibala, MSi berjanji akan menaikkan gaji mereka terhitung mulai tahun anggaran 2021.

Komitmen ini berawal dari keprihatinan Onibala terhadap nasib ratusan THL yang telah lama mengabdi namun ironisnya hingga kini masih mengantongi gaji di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP). 

''Bila dibandingkan dengan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), nasib THL di Minsel sangat memprihatinkan. Sebab, gaji mereka masih di bawah UMP,'' kata Onibala saat memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan ratusan THL di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, Senin (2/10/2020).

Rakor yang digelar di aula Waleta tersebut, turut dihadiri Asisten I Setdakab Minsel Drs. Frangky Tangkere MSi, Kepala BKD Drs. Ferdinand Roy Tiwa, Kepala Bapelitbang Tertius Ulaan ST, MT dan Staf Ahli Gubernur  Sulut bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Drs. Ferry Sangian, MAP.

Lebih miris lagi, masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Minsel yang memberi upah bagi THL di bawah Rp2 juta per bulan.

''Saya tak habis pikir bagaimana caranya mereka bisa bertahan hidup selama ini. Apalagi sebagian besar dari mereka sudah berkeluarga,'' tutur Onibala dengan nada prihatin.

Di hadapan ratusan THL, Onibala berjanji akan memperjuangkan kenaikan gaji mereka terhitung mulai tahun anggaran 2021 mendatang.

''Saya sudah perintahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk mengalokasikan anggarannya di APBD Minsel 2021. Saya juga sudah mengingatkan mereka, saya tidak akan menandatangani APBD 2021 bila gaji THL tidak dinaikkan,'' kata Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini. 

Kabar gembira dari orang nomor satu di Kabupaten Minsel ini pun spontan disambut aplaus dan mendapat apresiasi dari para THL.

''Ini baru bilang pemimpin yang benar-benar pro rakyat dan peduli terhadap kesejahteraan bawahannya. Meski hanya 71 hari memimpin Minsel, tapi Onibala sudah membuat banyak terobosan,'' seru sejumlah THL sembari memohon untuk bisa foto bersama Onibala. 

Usai rakor dengan para THL, pada hari yang sama Onibala menerima perwakilan guru honorer SD dan SMP di ruang kerjanya, di lantai 2 kantor bupati.

Puluhan guru honorer ini dikoordinir oleh Yanny Pongantung selaku Ketua Forum Solidaritas Nasional Wiyatabhakti Indonesia (SNWI) Cabang Minsel. 

Dalam pertemuan itu, mereka meminta dukungan Onibala terhadap perjuangan mereka mengubah nasib dari status guru honorer menjadi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka juga memohon agar Pemkab Minsel menganggarkan gaji guru honorer lewat APBD 2021. 

(Simon)