Pjs Bupati Onibala Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Pjs Bupati Onibala Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Foto bersama usai memeriksa kendaraan operasional penanggulangan bencana (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com - Minsel, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Drs. Meiki M. Onibala MSi menghadiri sekaligus memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam rangka peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di Kabupaten Minsel, Senin (09/11/2020).

Apel siaga digelar di halaman kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur ini.

Pada kesempatan itu, Onibala bertindak langsung selaku Inspektur Upacara (Irup). Sementara Ipda Derly Lumatau bertindak sebagai komandan upacara.

Apel yang digagas oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel ini, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Denny Kaawoan SE, MSi dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) vertikal. 

Dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel, tampak hadir Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon SIK, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf. Jus Ratag, Kejaksaan Negeri Amurang dan Koordinator Pos SAR Amurang, Hartje Raintama.

Adapun peserta upacara terdiri dari  petugas TNI-AD, Polres Minsel, Dinas Perhubungan, BPBD, Sat Pol PP, petugas Damkar, tim medis Dinas Kesehatan, LSM, dan para relawan penanggulangan bencana.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Onibala mengatakan, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi bencana. 

Onibala mengingatkan, Kabupaten Minsel termasuk daerah yang memiliki potensi dan rawan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan erupsi gunung api.

"Potensi bencana alam ini perlu diantisipasi sedini mungkin. Melalui apel ini, kita semua dapat mempersiapkan dan meningkatkan kesiapsiagaan semua unsur dalam penanggulangan bencana di daerah kita ini,'' kata Onibala.

Apel ini, lanjutnya, juga untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Pemkab Minsel.

''Kita harus memastikan kesiapan sarana dan prasarana yang ada, agar kita selalu siap dan dapat menekan resiko bencana alam di Kabupaten Minsel,” tutur Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Birokrat senior dan handal ini mengajak seluruh elemen untuk ikut serta dan bersama-sama bekerja dalam upaya penanggulangan bencana.

"Koordinasi dan komunikasi yang cepat dari instansi terkait harus terus dimaksimalkan. Sehingga respon cepat dan keterpaduan dalam menangani bencana dapat tercipta untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi,” ujar mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulut ini.

Onibala juga mengimbau semua pihak untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini kita masih dilanda pandemi Covid-19.

Usai membawakan sambutan sekaligus arahan, Onibala didampingi Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon SIK, Sekda Denny Kaawoan SE, MSi, Koordinator Pos SAR Amurang Hartje Raintama, Pabung Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf. Jus Ratag, dan Kepala BPBD Minsel Rudi Tumiwa ST langsung meninjau kesiapan dari para personil, peralatan penunjang dan kendaraan operasional yang ada di lapangan. (Simon)