Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bolmut Sasar Wilayah Terpencil - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bolmut Sasar Wilayah Terpencil

Anggota KPU Bolmut bersama Relawan Demokrasi lintasi sungai menuju UPTD Goyo Menggunakan Rakit (Foto: Sulut24/Fadlan)


Sulut24.com - Bolmut,
Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Bersama Relawan Demokrasi (Relasi) melakukan sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) di wilayah terpencil tepatnya di unit pemukiman tertinggal daerah (UPTD) Goyo Desa Ollot II Kecamatan Bolangitang Barat. Rabu (18/11/2020).

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bolmut, Rita Sophia Darondo mengatakan bahwa daerah terpencil seperti UPTD Goyo harus medapat prioritas untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang akan dihelat 9 Desember 2020.

“Saya berharap masyarakat di Goyo tidak ketinggalan informasi dibanding dengan masyarakat di tempat lainnya, yang memang sangat mudah mengakses informasi," kata Darondo saat bersua dengan awak media ini, Rabu (25/11/2020).

Menurut Rita Darondo, masyarakat yang ada di Goyo belum memiliki fasilitas telekomunikasi yang memadai, sehingga perlu mendapatkan cara-cara khusus seperti yang dilakukan oleh KPU. "Oleh sebab itu kami mendatangi mereka untuk mensosialisasikan tahapan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut," ujarnya..

Hal senada juga disampaikan Ismail Mobiliu, Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bolmut. Dia mengatakan bahwa sosialisasi tersebut untuk memberikan informasi secara langsung kepada warga Goyo terkait tahapan yang telah, sementara dan yang akan dilaksanakan oleh KPU Bolmut.

"Kami ingin semua lapisan masyarakat mengetahui  tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020,terutama masyarakat yang tinggal diwilayah terpencil seperti Goyo," kata Mobiliu. 

Selain itu sambungnya, sosialisai itu juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami berharap gencarnya sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Bolmut bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih sehingga target nasional 77,5 % dapat tercapai," pungkasnya.

(Fadlan)