Mencurigakan, Giat Bagi - Bagi BPJS Dan BPUM Dituding Bermuatan Politik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Mencurigakan, Giat Bagi - Bagi BPJS Dan BPUM Dituding Bermuatan Politik

Suasana pembagian Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi MTK se-kecamatan Tamako (Foto: Sulut/Johan)

Sulut24.com - Sangihe, Kegiatan pembagian Banpres dalam bentuk Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi warga di kecamatan Tamako, memunculkan kecurigaan sejumlah pihak. Muncul tudingan warga yang menilai kegiatan tersebut erat kaitannya dengan kepentingan Politik tepat sehari jelang hari pemungutan suara pada Pilgub Sulut 2020.

Giat yang digelar bersamaan dengan pembagian Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi MTK se-kecamatan Tamako yang dihadiri langsung Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana tersebut diduga merupakan strategi meraih simpati pemilih untuk mendukung salah satu pasangan calon pada pilgub, Rabu (9/12/2020).

Personel LP-KPK Komcab Sangihe, Nikson Bawano menyatakan, kecurigaan warga terhadap kegiatan tersebut cukup beralasan. Betapa tidak, giat yang mengumpulkan banyak orang di tengah Pandemi Covid-19 ini terkesan dipaksakan. Belum lagi, kata Bawano, di masa tenang tahapan Pilgub Sulut seharusnya tidak dilaksanakan giat seperti ini, apalagi agendanya pembagian bantuan dan BPJS yang sangat rawan digunakan sebagai ajang pemenangan salah satu paslon.

"Wajar jika rakyat curiga. Ini masa tenang pilkada, besok hari pencoblosan, mengapa hari ini masih ada giat bagi - bagi bantuan dari pemerintah? Tidak-kah ada upaya menarik simpati bagi paslon yang didukung oleh Bupati?," tanya Bawano.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Sangihe, Drs Dokta Pangandaheng ME dimintai konfirmasi membenarkan pelaksanaan giat tersebut. Tapi, menurutnya, kegiatan bagi - bagi kartu BPJS merupakan kelanjutan kegiatan yang sudah terjadwal sebelumnya sejak tanggal 4 Desember 2020 lalu.. Dijelaskan Pangandaheng, kegiatan kali ini adalah pembagian kartu BPJS bagi MTK setelah sebelumnya telah diserahkan kepada Petani muda, insan Pers dan Sopir Bentor. 

"Giat ini memang sudah terjadwal sebelumnya. Kalau pembagian BPUM itu giat Dinas Koperasi," jelas Pangandaheng.

Diketahui, giat dilaksanakan pada Selasa (8/12) di GMIST Petra Kampung Nagha II Kecamatan Tamako tepat sehari sebelum hari pencoblosan. (Johan)