Lakukan Terobosan, Prof Katuuk Sebut UNIMA Harus Merelaksasi Kurikulum - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

 

Advertisement



Lakukan Terobosan, Prof Katuuk Sebut UNIMA Harus Merelaksasi Kurikulum

Rektor UNIMA Prof. DR. Deitje Adolfina Katuuk MPd saat melakukan rapat dengan para wakil rektor dan  jajaran dosen dan pegawai administrasi UNIMA (Foto: Ist)


Sulut24.com - Tondano, Terobosan untuk membangun Universitas Negeri Manado (UNIMA) yang lebih kompetetif, berkualitas serta menghasilkan lulusan yang unggul terus dilakukan Rektor UNIMA Prof. DR. Deitje Adolfina Katuuk MPd.

Untuk mewujudkan impian tersebut Rektor UNIMA Prof Katuuk membangun serta memperbaiki sistem yang ada di masing- masing Fakultas Civitas UNIMA.

Lihat saja dengan meniru gaya kerja blusukan seorang Presiden Jokowi, Rektor UNIMA Prof Katuuk turun langsung melakukan blusukan disemua Fakultas yang ada di Perguruan Tinggi UNIMA.

Rektor UNIMA Prof DR. Deitje Katuuk MPd mengatakan blusukan ini dilakukan guna  mendengar keluhan serta masukan dari masing-masing Pimpinan Fakultas.

"Membangun UNIMA harus diperbaiki terlebih dahulu sistemnya dari bawah dan apa saja keluhan mereka sepanjang itu baik, untuk membangun UNIMA kita respon dan kita perbaiki secara  bersama," ujar Prof Katuuk.

Prof Katuuk menegaskan UNIMA akan terus membuat terobosan yang diantaranya meningkatkan kualitas para dosen, memperbaiki sistem akademik dan serta membangun kerja sama dengan Perguruan Tinggi lainnya.

"Dengan sistem perkuliahan yang baik, dosennya berkualitas, ditunjang fasilitas serta prodinya teragreditasi baik, maka UNIMA kedepan akan dapat bersaing denga Perguruan Tinggi lainnya," tegas Prof Katuuk.

Selain itu sistem kurikulum di UNIMA  perlu diperbaiki mengingat  situasi Pandemi Covid -19 saat ini  yang menerapkan perkuliahaan secara daring dan luring.

"UNIMA harus merelaksasi kurikulum dari kaku menjadi fleksibel dan membuka diri terhadap cara-cara baru. Perguruan tinggi UNIMA harus lebih responsif menghadapi tantangan yang ada, (mengubah) dari pendekatan teoritis menjadi pendekatan pemecahan masalah hingga mampu penciptaan dampak positif,” ungkap Prof Katuuk

"Tekad membangun UNIMA untuk lebih maju tidak boleh surut, meski kita sedang dilanda pandemi Covid-19. Justru krisis ini menyadarkan kita bahwa memiliki SDM tangguh sangat penting. Kita butuh orang-orang yang mampu berpikir dan bertindak dengan cara-cara luar biasa, yang punya kemampuan adaptasi cepat untuk bertahan menghadapi kesulitan, tidak tertinggal, dan menang dalam persaingan,” tambahnya. 

Lebih lanjut Rektor Prof Katuuk juga menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Civitas akademika FIS  atas capaian kinerja.

Menurut Prof Katuuk menghadapi tahun 2021, capaian kinerja yang sudah baik ini perlu ditingkatkan. Komitmen yang kuat dan dukungan bersama saling bahu membahu akan menetukan UNIMA  di masa yang akan datang. 

Karya dosen dalam publikasi ilmiah yang bereputasi dari hasil penelitian dan pengabdian perlu menjadi perhatian. 

“Tahun ini setiap dosen minimal harus mempunyai 1 publikasi ilmiah yang bereputasi. Hal ini akan kita deskripsikan pada perjanjian kinerja dosen," terang Rektor Prof Katuuk

Dibagian lain Dekan  Fakultas Ilmu Sosial DR. Apeles Lexi Lonto MSi, di awal sesi kunjungan memaparkan kinerja FIS UNIMA selama tahun 2020. Pemaparan berlangsung dengan membandingankan target dengan realita capaian fakultas. Beberapa yang dipaparkan seperti keadaan akreditasi program studi, penelitian dosen, pengabdian dosen, lulusan, prestasi mahasiswa, jurnal, kualifikasi dosen, publikasi, HAKI, dan lainnya. 

“Kami segenap civitas akademika FIS UNIMA dengan komitmen bersama terus berupaya untuk memberikan kinerja terbaik untuk Fakultas dan tentunya Universitas," ujar Dekan FIS DR.  Lexi Lonto.

Sementara itu Rektor UNIMA Prof. Deitje Katuuk MPd secara maraton melakukan kunjungan kerja di semua Fakultas.

Salah satu aspri Rektor UNIMA Victory Talumewo SE mengatakan sudah hampir dua minggu Rektor UNIMA melakukan blusukan/kunjungan kerja di fakultas- fakultas. 

Sudah hampir dua minggu Ibu Rektor melakukan kunjungan kerja hari ini ( red Selasa 25-01-2021) di Fakultas FIS dan kemarin di Fakultas Ekonomi dan pada Senin Pekan mendatang sesuai jadwal terakhir Ibu Rektor akan melakukan kunjungan kerja di MIPA," ujar Aspri Rektor Victory yang dikenal dekat dengan para Jurnalis ini. (Joyke)


Advertisement





 

Advertisement