Desember-Februari, Ribuan Orang Tiba di Indonesia Positif Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Desember-Februari, Ribuan Orang Tiba di Indonesia Positif Covid-19

Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo  (Foto: Ist)

Sulut24.com, JAKARTA - Sejak akhir pekan ketiga Desember 2020  sampai 20 Februari 2021, ribuan orang yang tiba di Indonesia diketahui terkonfirmasi positif COVID-19. Padahal, mereka memegang surat keterangan bebas COVID.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (21/02/2021). Monardo membeber data kedatangan warga negara asing dan warga negara Indonesia repatriasi sejak 28 Desember 2020. 

"Di sini bapak ibu sekalian, bahwa sejak 28 Desember 2020 tercatat sudah 1.214 orang yang positif COVID, baik WNI yang jumlahnya 1.092 maupun WNA 122," sebut Monardo.

Monardo menekankan, mereka yang terpapar COVID ini memegang surat keterangan bebas COVID. Ada 10 negara dengan kasus positif terbanyak. Mulai dari Arab Saudi, UEA, Turki, Malaysia, Qatar, Singapura, Jepang, Korea, Hongkong, Taiwan. 

"Padahal, saya ulangi, padahal, semuanya ini membawa surat keterangan bebas COVID," jelas Monardo sebagaimana dikutip dari detik.com dan antaranews.com

Bagaimana bisa orang yang membawa surat keterangan bebas COVID tapi positif COVID?

Menurut Monardo, pemerintah tengah melakukan penelusuran. "Semula 32 persen, saat ini naik menjadi 53 persen," kata Monardo lagi.

"Nah sekarang pertanyaannya apakah mereka ini terpapar tetapi belum terinfeksi atau terpapar selama penerbangan. Ini yang menjadi tugas kami bersama Kemenkes untuk mencari informasi lebih lanjut," ujarnya.(*/ag)