Ingatkan Masyarakat, Menkes Sebut Penerima Vaksin Masih Bisa Terinfeksi Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Ingatkan Masyarakat, Menkes Sebut Penerima Vaksin Masih Bisa Terinfeksi Covid-19

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Ratona (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Vaksin Covid-19 baru akan efektif berkerja meningkatkan imun setelah 28 hari pasca penyuntikan kedua. 

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri launching vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha pariwisata di Graha Bumi Beringin, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (5/3/2021). 

“Vaksinasi ini, imun nya baru keluar efektif 28 hari sesudah suntik kedua,” tutur Menkes kepada awak media.  

Menkes Sadikin juga menjelaskan bahwa vaksinasi tidak seratus persen memproteksi penerima vaksin dari virus Covid-19. 

Menurutnya vaksinasi berfungsi untuk mengurangi kemungkinan paparan virus dan kemungkinan penerima vaksin yang terkena virus untuk masuk ke rumah sakit.

“Dia mengurangi probabilitas untuk kita sakit dan probabilitas untuk masuk rumah sakit. Jadi tetap harus pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tuturnya. 

Menurutnya, dalam kondisi tertentu, orang yang sudah menerima vaksin bisa saja tertular virus Covid-19. 

“Kalau daya tahan kita naik bukan berarti kita jadi supermen, itu tidak. Kalau virusnya banyak sekali atau virusnya datang pas kita lagi capek terus gak pake masker, bisa kena juga,” Menkes. 

Selain itu, Menkes juga menyinggung pola masyarakat yang cenderung mengabaikan protokol kesehatan ketika kasus Covid-19 mulai mengalami penurunan. 

“Sekarang sudah mulai turun, pengalaman kita melihat kebelakang, begitu sudah turun, disiplinnya kendor,” tutur Menkes. 

Selain kedisplinan terkait 3M, menkes menilai penurunan kasus Covid-19 juga memicu peningkatan mobilitas masyarakat diluar rumah.  

“Selain pakai masker dan jaga jarak, jalan-jalannya kendor, jangan terlalu agresif jalan-jalan dulu, tetap harus dijaga,” 

Menkes mengigatkan masyarakat agar tetap mendisiplinkan diri dan terus patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19 meski kasus infeksi Covid-19 mulai menurun. 

"Biasanya kalau udah turun, lupa semua disiplin, nanti lama-lama akan capek, kita juga capek kan, jadi tolong dijaga," pungkas Menkes. (Fn)