Pacu Pembangunan Minsel, FDW Temui Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Pacu Pembangunan Minsel, FDW Temui Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi

Bupati FDW didampingi Kadis PUPR Minsel, Dekky J. Tuwo, S.Sos foto bareng Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi, Ir. Bastari, M.Eng didampingi para pejabat struktural. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Guna memacu pembangunan infrastruktur yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat, Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar, SH (FDW) tak henti-hentinya terus melakukan berbagai terobosan.

Baru-baru ini, FDW didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minsel, Dekky Jusni Tuwo, S.Sos  dan Kabid SDA Franky Lukar, ST berkunjung ke Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, di Manado.

Tujuan kedatangan orang nomor satu di Minsel ini, tak lain memperjuangkan sejumlah program pembangunan fisik.

Antara lain pembangunan Pengaman Pantai Teluk Amurang, pembangunan Air Baku, Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Bupati dan rombongan diterima langsung oleh Kepala Balai, Ir. Bastari, M.Eng didampingi para pejabat struktural.

Usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel ini mendapat tanggapan positif dari Ir. Bastari. Dia bahkan menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjutinya.

"Hal yang diprioritaskan nanti antara lain tanggul pengaman pantai di sejumlah lokasi rawan terjangan ombak, seperti di sepanjang jalan kawasan Boulevard yang baru-baru ini diterjang ombak," ungkap Tuwo kepada wartawan.

Kemudian pembangunan lanjutan jalan Boulevard Amurang-Tumpaan serta pembuatan pengaman pantai di sepanjang pantai di Kecamatan Sinonsayang, Tenga, Amurang dan  Tumpaan. 

"Selain itu, juga diusulkan pembangunan air baku, baik untuk air minum maupun kebutuhan irigasi," tutur Tuwo yang juga menjabat Staf Ahli Bupati bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan.

Ditambahkannya, program P3-TGAI juga turut diusulkan Bupati FDW, antara lain perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air. 

Bupati FDW didampingi Kadis PUPR Minsel, Dekky J. Tuwo, S.Sos dan Kabid SDA Franky Lukar, ST saat presentasi di hadapan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Ir. Bastari, M.Eng. (foto: Ist)

"Sedangkan Program IPDMIP yang juga merupakan Bantuan ADB, dananya nanti akan  dikucurkan untuk pembangunan irigasi," tutur alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Manado Angkatan 1990 ini.

IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. 

Menurut Tuwo yang juga alumni FISIP Unsrat 1994, pembangunan irigasi akan dilaksanakan secara terpadu antara Dinas PUPR, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), dan Dinas Pertanian Kabupaten Minsel.

"Semua terobosan yang dilakukan Bupati FDW ini, semata-mata demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Minsel," kunci birokrat senior yang ramai digadang sebagai salah satu kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel ini. (Simon)