Polres Minsel Sukses Kawal Ibadah Paskah di 456 Gereja - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Polres Minsel Sukses Kawal Ibadah Paskah di 456 Gereja

Aparat Polres Minsel sedang mengamankan Ibadah Perayaan Paskah. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL – Polres Minahasa Selatan (Minsel) sukses mengawal dan mengamankan rangkaian Ibadah Perayaan Paskah, memperingati Kebangkitan Yesus Kristus, yang dilaksanakan di 456 gereja dari berbagai denominasi yang ada di wilayah Kabupaten Minsel, Minggu (04/04/2021).

Pengamanan dengan melibatkan 236 personel Polres Minsel ini didukung perkuatan dari unsur Koramil TNI / Kodim 1302 Minahasa, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan Minsel, Panji Yosua Pria/Kaum Bapa GMIM, dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nadhatul Ulama (NU).

Dari pantauan wartawan, kegiatan peribadatan umat Kristiani di Minsel dalam rangka Perayaan Paskah, dilaksanakan dengan menerapkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. 

Kegiatan pengamanan dilaksanakan dengan konsep terbuka didukung kegiatan intelijen di lokasi peribadatan. 

Sasaran pengamanan yaitu kegiatan peribadatan, jemaat yang sedang beribadah, gedung gereja, kendaraan yang melintas ataupun parkir di lokasi tempat peribadatan, dan pemukiman warga di seputaran tempat pelaksanaan Ibadah Perayaan Paskah.

Pengamanan dilakukan dengan mengedepankan pendekatan preventif, humanis, dan diawali dengan sterilisasi gedung gereja. Petugas juga mengawal langsung prosesi ibadah guna mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas ataupun kemungkinan terjadinya aksi teror. 

Personel gabungan sedang mengawal Ibadah Perayaan Paskah di Jemaat GMIM "Tesalonika" Buyungon. (foto: Ist)

“Puji Tuhan, hingga akhir pelaksanaan Ibadah Paskah, situasi wilayah hukum Polres Minsel berada dalam kondisi aman dan kondusif,” ungkap Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona, yang mengendalikan langsung tugas pengamanan tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK menyatakan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjaga, mengawal, mengamankan serta menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan peribadatan Perayaan Paskah tahun 2021 ini.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel gabungan TNI/Polri, Sat Pol PP, instansi terkait Pemerintah Daerah (Pemda), Panji Yosua, saudara-saudara umat Muslim dari GP Ansor NU, unsur pimpinan dan warga gereja, serta semua pihak yang telah menjaga, mengawal, mengamankan serta menyukseskan seluruh rangkaian Ibadah Paskah ini,” ujar Kapolres Sitindaon. 

Perwira Menengah (Pamen) Polri ini juga mengajak segenap komponen masyarakat Minsel untuk terus menjaga stabilitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Minsel.  

“Pererat tali silaturahmi dan perkuat toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini. Saya sangat yakin, masyarakat Minsel adalah masyarakat yang cerdas, taat hukum dan cinta damai,” tuturnya. (Simon)