Polres Minsel, TNI dan Instansi Terkait Gelar Rakor Tanggap Bencana - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Polres Minsel, TNI dan Instansi Terkait Gelar Rakor Tanggap Bencana

Antisipasi bencana alam, Polres Minsel/TNI dan instansi terkait menggelar rakor tanggap bencana. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Polres Minsel bersama TNI dan instansi terkait di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka tanggap bencana alam.

Rakor dilaksanakan di gedung Aula Polres Minsel, Selasa (20/4/2021) pagi. 

Rakor dihadiri langsung Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Herbeth Andi Amino Sinaga SIP, pejabat utama Polres Minsel, dan pimpinan Pos Basarnas Amurang.

Turut hadir pula unsur BPBD, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, PLN, Danramil 1302-14/Amurang, dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Amurang.

“Menyikapi situasi dan kondisi kaitan dengan dinamika cuaca saat ini yang cenderung ekstrim ditandai dengan curah hujan tinggi, angin kencang, gelombang pasang, maka kita wajib melakukan langkah-langkah antisipasi akan potensi bencana alam,” kata Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK dalam sambutannya.

Kapolres Minsel menekankan pentingnya menyamakan persepsi serta pola tindak seluruh stakeholders di lapangan nantinya, apabila dihadapkan pada situasi bencana alam.

Dikatakannya, dalam situasi bencana alam, kecepatan dan ketanggapan saat pergeseran personel ke lokasi terjadinya bencana alam merupakan kunci utama dalam memberikan pertolongan.

"Kita harus tanggap dan cepat turun ke lokasi bencana agar warga yang menjadi korban tidak terlantar, dan dapat segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman," tandasnya.

Dengan dilaksanakannya rakor ini, maka baik jajaran Polri, TNI dan instansi terkait sudah mengetahui peran dan tugasnya masing-masing saat berada di lapangan.

"Dengan demikian, kita bisa langsung bertindak cepat, tepat dan akurat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing," tegas Perwira Menengah (Pamen) Polri ini.

Kegiatan rakor tanggap bencana ini diisi dengan diskusi terbuka dan paparan terkait dinamika cuaca, potensi, serta antisipasinya. 

Pada rakor ini, dipaparkan pula kesiapan personel dan sarana prasarana yang ada di masing-masing instansi  Pemerintah Daerah (Pemda) serta jajaran TNI/Polri di wilayah Kabupaten Minsel.

“Kedepan akan sama-sama kita buat Standard Operasional Prosedur (SOP) masing-masing instansi guna menetapkan tugas dan kewajiban saat berada di lapangan,” pungkas Kapolres Norman sembari menutup kegiatan rakor. (Simon)