Habiskan Anggaran 4 Miliar, Puskesmas Salurang Didesak Segera Difungsikan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Habiskan Anggaran 4 Miliar, Puskesmas Salurang Didesak Segera Difungsikan

Penampakan gedung puskesmas Salurang belum difungsikan (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Dibangunnya Gedung Puskesmas yang baru di kampung Salurang kecamatan Tabukan Selatan Tengah sedikitnya telah menjawab desakan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat yang lebih presentatif dan moderen, namun, proyek pembangunan berbandrol Rp. 4 miliaran di tahun anggaran 2020 tersebut dicurigai bakal mubazir ketika hanya dibangun dan tak difungsikan hingga saat ini.

Sejumlah warga kampung Salurang ketika bersua media ini, Sabtu (8/5/2021) mempertanyakan belum difungsikannya Puskesmas yang tergolong mewah diwilayah tersebut. 

"Untuk apa dibangun kalo tidak digunakan. Warga disini (Salurang, red) berharap, Puskesmas yang so dibangun dengan anggaran cukup besar ini bisa segera digunakan untuk pelayanan kesehatan," pinta warga.

Hal yang sama ikut pula disuarakan aktivis dari LP-KPK Komcab Sangihe, Nikson Bawano. Menurutnya, layanan kesehatan itu utamanya adalah pelayanan langsung ke masyarakat bukan hanya sekedar pembangunan fisik saja. Pemerintah, lanjut Bawano, wajib segera memfungsikan Puskesmas Salurang. Seharusnya sudah tidak ada lagi kendala - kendala yang terjadi dilapangan jika sejak awal perencanaannya sudah ditangani secara matang dan profesional. 

"Pada intinya, kita desak pemerintah lewat Kadis Kesehatan untuk sesegera mungkin melakukan layanan kesehatan di Puskesmas Salurang," tegasnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Yopi Thungari M.Kes kepada sulut24.com menyatakan, telah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Salurang. Kata Thungari, para perawat di Salurang juga sudah ingin bertugas di Gedung yang baru, namun masih terkendala dengan ketersediaan listrik. 

"Listrik sudah tersambung, tapi masih ada beberapa tambahan teknis yang akan dilakukan PLN demi memenuhi permintaan Puskesmas," jelasnya sambil memastikan dirinya terus berkoordinasi dengan PLN agar secepatnya bisa diselesaikan dan Puskesmas bisa segera difungsikan. (Johan)