Komunitas Marijo Belajar Sulut Sumbangkan 415 Buku Ke Daseng Literasi Posokan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Komunitas Marijo Belajar Sulut Sumbangkan 415 Buku Ke Daseng Literasi Posokan

Ketua Komunitas Marijo Belajar Region Sulut, Jesisca V. Tarima  saat menyerahkan bantuan buku kepada  Daseng Literasi Riswanto Pudinaung (Foto: Dok Komunitas Marijo Belajar Region Sulut)

Sulut24.com, BITUNG - Komunitas Marijo Belajar Region Sulut sumbangkan  415 buku hasil donasi ke pengurus Daseng Literasi, Sabtu (22/5/2021).

Riswanto Pudinaung selaku pendiri Daseng Literasi menyambut baik sumbangan buku tersbut, menurutnya bantuan yang diberikan sangat membantu proses belajar anak-anak yang ada di Daseng Literasi. 

"Bantuan yang diberikan oleh Komunitas Marijo Belajar Region Sulut ini, sangat-sangat membantu proses pembelajaran bagi anak-anak serta masyarakat yang ada di Daseng Literasi Posokan ini," ujarnya, di ruangan belajar Daseng Literasi yang terletak di Kelurahan Posokan, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung. 

Lebih lanjut Pudinaung menjelaskan bahawa Daseng Literasi dibuat ketika melihat lingkungan yang ada di Posokan yang jauh dari pusat kota. Selain itu, menurutnya masyarakat di Posokan belum terlalu banyak yang bersekolah keluar. 

"Mungkin, faktornya jauh. Apalagi, akses jalan dan internet sangat sulit disini. Sehingga alternatif yang dibuat dengan membuka Perpustakaan dengan konteksnya literasi," jelas Pudinaung. 

"Daseng Literasi Posokan ini dibuat pada September 2019. Awal pembentukannya, terjadi diskusi yang melibatkan 5 orang pemuda. Dan bertepatan, ada teman  saat itu sedang pada tahapan penyelesaian studi, karena terhalang dengan buku-buku. Maka, dari situ pula awal terdorong membuat Daseng Literasi ini. agar, tidak ada lagi kejadian yang sama, ketika memerlukan buku untuk penyelesaian studi, malah tidak ada," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa buku yang diberikan serta motivasi dari Komunitas Marijo Belajar Region Sulut sangat membantu terutama untuk empat puluh anak SD, SMP dan SMA  yang aktif membaca di Daseng Literasi. "Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Marijo Belajar Region Sulut," ucapnya. 

Selain itu  Pudinaung juga turut menyampaikan harapannya kepada Pemeritah Kota Bitung untuk memperhatikan wilayah Kelurahan Posokan terutama terkait akses internet. 

"Saya berharap pemerintah Kota Bitung, bisa memperhatikan daerah kami, terlebih jaringan internet untuk proses belajar-mengajar," tutur Pudinaung. 

Ditempat yang sama, Ketua Komunitas Marijo Belajar Region Sulut, Jesisca V. Tarima menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Komunitas Marijo Belajar Region Sulut dalam rangka menjalankan program 'Marijo baku bantu' yang dirangkaikan dengan peringatan hari buku nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2021.

Tarima mengatakan bahwa selain memberikan 415 buku pembelajaran dari hasil donasi, timnya juga mengajak anak-anak untuk membaca dan mempresentasikan hasil bacaannya, anak-anak juga diberikan motivasi untuk terus belajar guna mencapai cita-citanya. 

Selain itu, menurutnya tim Komunitas Marijo Belajar juga memberikan games-games guna menghibur anak-anak yang ada di Daseng Literasi. 

Ia pun mengucapkan terimakasih atas sambutan baik yang diberikan oleh masyarakat Posokan atas kunjungan tim Marijo Belajar Region Sulut tersebut. 

"Mewakili seluruh Komunitas Marijo Belajar Region Sulut, saya mengucapkan, banyak terimakasih kepada masyarakat Posokan yang sudah menyambut kami dengan sangat baik. Dan juga buat pengurus Daseng Literasi, ada Riswanto Pudinaung dan Novenly Pudinaung untuk terus memberikan hal-hal terbaik bagi anak-anak yang terlibat dalam Daseng Literasi ini," ucap Tarima.

Suksesnya kegiatan yang digelar oleh Komunitas Marijo Belajar Region Sulut tersebut turut mendapat apresiasi dari Founder Marijo Belajar  Meinagustia Caerwelia Ngagi. Menurutnya kegiatan tersebut sangat baik dan harus ditingkatkan. 

"Ini hal yang sangat luar biasa, cara-cara seperti ini yang perlu kita tingkatkan ke depannya. Ini sangat mengedukasi adik-adik yang ada di desa Posokan. Kami sebagai pengurus Marijo Belajar pusat sangat mengapresiasi apa yang dibuat oleh Marijo Belajar (MJB) Region Sulut ini," tandas Ngagi. (Fn)