Terima 5200 Dosis, Dinkes Minsel Gelar Vaksinasi AstraZeneca - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Terima 5200 Dosis, Dinkes Minsel Gelar Vaksinasi AstraZeneca

 

Kepala Lapas Kelas III Amurang, Fentje Mamirahi, S.Pd turut divaksin oleh Vaksinator Rinny Lempas, S.ST. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Setelah sukses melaksanakan Vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Sinovac, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kembali menggelar kegiatan serupa menggunakan vaksin yang berbeda, yakni vaksin AstraZeneca.

Vaksinasi AstraZeneca tahap I di Kabupaten Minsel bahkan telah dilaksanakan sejak pekan lalu, dimana pelaksanaan penyuntikan dipusatkan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). 

Kabupaten Minsel kali ini mendapatkan kuota vaksin AstraZeneca sebanyak 520 vial atau 5200 dosis, dimana satu vial berisi 10 dosis. 

"Kami menerima vaksin AstraZeneca sejak dua pekan lalu. Seminggu kemudian langsung digelar vaksinasi di masing-masing Puskesmas," ungkap Kepala Dinkes Minsel, dr. Erwin Schouten saat ditemui wartawan, Selasa (18/5/2021).

Menurut Schouten, vaksinasi AstaZeneca tahap I menyasar kalangan guru, lanjut usia (lansia), dan sisa Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel yang belum sempat tercover pada saat vaksinasi vaksin Sinovac.

Apakah ada keluhan terkait vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca?

"Selama pelaksanaan vaksinasi, sejauh ini belum ada keluhan berat. Kalaupun ada, hanya peningkatan suhu badan dan langsung teratasi dengan obat penurun panas, seperti Parasetamol," ujar alumni Fakultas Kedokteran Unsrat Angkatan 1997 ini.

Dari pantauan wartawan, vaksinasi AstraZeneca tahap I selain digelar di Puskesmas, juga dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Amurang, pada Selasa (18/05/2021) siang.

Sebanyak 22 petugas Lapas ikut menjalani vaksinasi, di bawah pengawasan ketat Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Amurang, Fentje Mamirahi, S.Pd. 

Mantan Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Tahuna di Tamako dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tondano in, juga turut divaksin.

Pelaksanaan vaksinasi dikoordinir langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P), Yunike Panambunan, A. Md.Kep, SM didampingi vaksinator Rinny Lempas, S.ST

Pada hari yang sama, vaksinasi AstraZeneca juga diikuti puluhan ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Minsel. (Simon)