Desa Kolongan Pertama Lakukan Vaksin Covid-19 ke Warga - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Desa Kolongan Pertama Lakukan Vaksin Covid-19 ke Warga

Pemerintah Desa Kolongan Kerja Sama Dengan UPTD Puskesmas Talawaan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Jenis Astra Zeneca Kepada Warga (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan mempercepat penanganan serta pengendalian covid-19, pemerintah desa Kolongan Kecamatan Talawaan, melakukan program vaksinasi kepada warga Desa Kolongan.

Kegiatan vaksinisasi tersebut dipusatkan di Gedung Serba Guna Desa Kolongan Talawaan Senin 14 Juni 2021.

Hukum Tua Desa Kolongan Marthen Sumampouw mengatakan pemberian vaksin ini adalah yang pertama dilakukan di Kecamatan Talawaan dan desa Kolongan saat ini ditunjuk oleh pemkab minut, sebagai desa pertama yang melaksanakan program pemberian vaksin covid-19 tersebut.

Hukum Tua Marthen Sumampouw  mengatakan Pemerintah Desa sangat berterima kasih dengan adanya pemberian vaksin Covid-19 ini. Semoga Vaksinasi Tahap I berjalan lancar dan semua masyarakat dapat segera menerima vaksin.

“Melalui vaksinasi Covid-19 diharapkan masyarakat memiliki kekebalan terhadap virus tersebut. Untuk itu, mari kita dukung program vaksinasi Covid-19 dan semoga pandemi ini bisa segera berakhir," ajak Hukum Tua PPMarthen Sumampouw.

Dibagian lain Kepala Puskesmas Talawaan Yusuf. O. Nainggolan mengatakan  sebelum divaksin, ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan pendaftaran dan verifikasi data, skrining, pengukuran suhu dan tekanan darah bagi calon penerima vaksin. Setelah divaksin, penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk dimonitor kemungkinan terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imuninasi (KIPI). 

"Setelah selesai masa observasi dan tidak terjadi KIPI, penerima vaksin diberi Kartu Vaksinasi Covid-19, sebagai bukti sudah divaksin tahap pertama," ujar Kapus Talawaan dr. Yusuf.O.Nainggolan.

Menurut Kapus dr. Yusuf. O. Nainggolan setelah melaksanakan vaksinasi tahap pertama, berselang 14 hari mereka akan menjalani vaksinasi tahap kedua.

Sementara itu sebelum dilakukan pemberian vaksin, terlebih dahulu dilakukan penyerahan vaksin covid-19 jenis Astra Zeneca dari Dinas Kesehatan Minut yang disaksikan langsung oleh Hukum Tua Desa Kolongan Marthen Sumampouw, Kepala Puskesmas Talawaan dr. Yusuf.O. Nainggolan, Kanit Intel Polsek Talawaan  Ipda. Bobby Pua dan unsur Babinsa Desa Kolongan. (Joyke)