FDW-PYR Bantu 127 KK Korban Bencana di Tumaluntung Raya - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

FDW-PYR Bantu 127 KK Korban Bencana di Tumaluntung Raya

Bupati FDW menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada warga korban bencana. (foto: sulut24/simon)

Sulut24.com, MINSEL - Bencana alam angin puting beliung yang memporak-porandakan ratusan rumah di Tumaluntung Raya, tepatnya di Desa Tumaluntung dan Tumaluntung Satu, Kecamatan Tareran, Kamis (24/06/2021) lalu, mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel).

Sehari usai bencana alam tersebut, Jumat (25/06/2021) sore, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (FDW-PYR) langsung turun meninjau lokasi bencana.

Pada kesempatan itu, FDW-PYR bertandang ke sejumlah rumah warga yang rusak, baik rusak ringan maupun rusak berat akibat terjangan angin puting beliung.

Kedua pemimpin daerah ini menyatakan kepedulian dan dukungan dengan bertatap muka serta memberikan motivasi dan penguatan kepada masyarakat di dua desa tersebut.

Tak hanya itu saja, perhatian Pemkab Minsel melalui Bupati FDW dan Wabup PYR dinyatakan pula lewat penyerahan bantuan berupa sembako dan uang tunai sebesar Rp1 juta rupiah per Kepala Keluarga (KK).

Bantuan tersebut diberikan kepada 127 KK pemilik rumah yang mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung. Rinciannya, 59 KK di Desa Tumaluntung, dan 68 KK di Desa Tumaluntung Satu.

Penyerahan bantuan sosial (bansos) tersebut dipusatkan di pastori GMIM "Imanuel" Tumaluntung Raya, Wilayah Tareran Satu. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Minsel Sofie Sumampow, S.Pd, M.Si didampingi Sekretaris Ofler Sengkey, S.TP, M.Si, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel Thorie Recky Joseph, SH, MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minsel, Royke Mandey, SH, dan Staf Khusus Bupati Bidang Sosial Drs. Willem Pasla.

Hadir pula Camat Tareran Febry Tumiwa, SE, Kapolsek Tareran Ipda Betsy J. Lumy, Hukum Tua Desa Tumaluntung Jefry Mandey, SE, dan Hukum Tua Tumaluntung Satu Yenny D. Laode, SH, MH.

Bupati FDW dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial Pemkab Minsel terhadap warga yang menjadi korban bencana alam. 

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga korban bencana. Meski menderita kerugian material, tapi kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam ini," tuturnya.

Dia pun meminta agar bantuan sembako dan uang tunai disalurkan oleh pemerintah desa secara transparan dan tepat sasaran.

Mantan Wabup Minsel ini juga tidak lupa mengimbau warga untuk tetap disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. 

 Bupati FDW dan Wabup PYR menemui warga yang atap rumahnya rusak berat. (foto: sulut24/simon)

"Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kementerian Kesehatan RI bahkan mengungkapkan ada 3 jenis varian Virus Corona baru yang sudah masuk ke Indonesia. Kurangi mobilitas dan jauhi kerumunan demi keselamatan kita semua," imbau mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara selama 3 periode ini. 

Dari pantauan wartawan, bansos juga datang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). 

Bantuan logistik berupa beras, perlengkapan bayi, dan selimut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulut, dr. Rinny Tamuntuan. 

Pada kesempatan itu, Tamuntuan turut didampingi Anggota DPRD Provinsi Sulut Boy V.A. Tumiwa, SH, M.Si. 

Masih di hari yang sama, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut Billy Lombok, SH juga turut menyalurkan bansos berupa 500 lembar seng. (Simon)