Program JG-KWL, Majukan Dunia Pendidikan Minut, Terapkan PPDB Online - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Program JG-KWL, Majukan Dunia Pendidikan Minut, Terapkan PPDB Online

 

Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulong Launching Aplikasi PPDB Online (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Bupati Minut  Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung saat ini semakin intens memajukan dunia pendidikan.

Lihat saja untuk mengikuti era modernisasi dalam dunia digital, kini penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022 dilaksanakan secara online.

Tak hanya Daring biasa, namun sistem penerimaan secara online ini tersistem dan terintegrasi dengan data pokok pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Adapun, di Provinsi Sulawesi Utara, baru Kabupaten Minahasa Utara yang melaksanakan PPDB online yang terintergrasi dengan Dapodik. Hal ini Sebagaimana disampaikan Bupati Joune Ganda melalui Kepala Dinas Pendidikan Olfy Kalengkongan, M.MPd.

Menurut Kadis Olfy, dalam rangka mensukseskan program pendidikan JG-KWL, PPDB online ini juga berdasarkan edaran Kemendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian Nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disaese (Covid-19).

"Untuk teknis PPDB dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Dan kami Minut, adalah daerah pertama di Sulut yang telah melaksanakan PPDB online terintergrasi dengan Dapodik. Sehubungan dengan PPDB online ini, dalam edaran Kemendikbud pada poin 8 (b), dijelaskan jika pusat data dan informasi Kemendikbud menyediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB dalam jaringan (Daring) atau online, sebagaimana yang sementara bergulir di Kabupaten Minahasa Utara," ujar Kadis didampingi kepala seksi kurikulum Natalia Cindy Supit, S.Pd

Sebagaimana diketahui, PPDB online telah dilaunching oleh Bupati JG bertepatan dengan peringatan hari pendidikan Nasional tahun 2021 di pendopo kantor Bupati Minahasa Utara bersamaan dengan diresmikannya Gerakan Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Program Jaksa masuk sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati JG usai upacara dalam rangka Hardiknas merasa senang karena selain dirinya, para peserta juga turut menggunakan pakaian/Baju Adat. (Joyke)