Minimalisir Penyalahgunaan Dandes, Kejari Sangihe Siapkan Kampung Binaan Kejaksaan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Minimalisir Penyalahgunaan Dandes, Kejari Sangihe Siapkan Kampung Binaan Kejaksaan

Kajari Kepulauan Sangihe, Yunardi, SH,MH (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan keuangan negara yang mengarah ke Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) khususnya Dana Desa (Dandes) intens dilakukan aparat Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe.

Salah satu program yang terus diseriusi aparat baju cokelat ini adalah program Kampung Binaan dimana sejumlah kampung akan menjadi prioritas pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Desa.

Ketika berbincang dengan Sulut24.com di ruang kerjanya, Selasa (8/6/2021) bersama salah seorang Camat dan Kapitalaung yang tengah "dibidik" untuk dijadikan Kampung Binaan Kejaksaan, Kajari Kepulauan Sangihe, Yunardi SH MH menyatakan, Setelah Kampung Hesang Kecamatan Tamako di tahun lalu, Program Kampung Binaan tahun ini akan kembali menyasar kampung - kampung lainnya yang meminta pendampingan kejaksaan atau kampung yang dinilai patut dijadikan kampung binaan yang nantinya bisa menjadi motivasi atau percontohan bagi kampung lainnya.

Menurut Kajari, semua proses pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program akan didampingi oleh Jaksa diluar perencanaan. 

"Kalau proses perencanaan itu kita serahkan sepenuhnya ke kampung, nanti saat pelaksanaan kegiatan itu yang kita dampingi agar berjalan semestinya dan tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan khususnya untuk Dandes," jelas Yunardi.

Ditambahkan Kajari, saat ini ada sekian banyak pengaduan masyarakat tentang dugaan penyalahgunaan Dandes yang masuk ke Kejaksaan. Sebagian, katanya, telah dilimpahkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk diaudit. 

"Itu jadi salah satu bukti bahwa masih ada potensi penyalahgunaan Dandes dibeberapa kampung. Untuk upaya pencegahan, kampung - kampung di Sangihe ini harus kita dampingi dengan menjadi kampung binaan Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe," urainya.

Sementara itu, Kapitalaung yang kampungnya akan ditetapkan sebagai kampung binaan Kejaksaan mengungkapkan, akan segera mempersiapkan segala sesuatu untuk acara peresmian kampung binaan tersebut dalam waktu dekat. (Johan)