KMHDI Sulut Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai Sindulang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

KMHDI Sulut Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai Sindulang

KMHDI Sulut foto bersama usai kegiatan bersih-bersih pantai (Foto: Dok KMHDI Sulut)

Sulut24.com, MANADO - Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI)  Sulawesi Utara  melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di kawasan pesisir pantai Sindulang, Kota Manado, Sabtu (3/7/2021). 

Ketua PD KMHDI Sulawesi Utara I Gede Narasima mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pengurus dan anggota KMHDI Sulawesi Utara. Selain itu, menurutnya, kegiatan bersih-bersih pantai kali ini juga bertepatan dengan hari bebas kantong plastik sedunia yang diperingati pada tanggal 3 Juli 2021. 

"Kegiatan KMHDI PEDULI merupakan proker dari PD KMHDI Sulut yang langsung ditanggani oleh biro sosmas, dan ini adalah kegiatan rutin yang akan kami laksanakan setiap tahunnya, ini juga untuk memperingati hari bebas kantong plastik sedunia yang bertepatan pada hari sabtu, 3 juli 2021," ujar Narasima. 

Ketua Biro Sosial Kemasyarakatan KMHDI Sulut Visnu Putra menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari dukungan KMHDI kepada pemerintah terkait penanganan masalah sampah. 

"Dengan bersih-bersih pesisir pantai ini adalah cara kami untuk membantu pemerintah dalam menangani sampah plastik dan kami juga mendukung program-program pemerintah daerah untuk mengatasi masalah sampah, diantaranya sampah plastik," ujar Putra. 

Selanjutnya ketua PD KMHDI Sulut menambahkan bahwa pihaknya berharap agar pemerintah dapat memprioritaskan penangana sampah plastik agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir dan hal -hal lain-lain tidak terjadi lagi, khususnya di Kota Manado.

"Kami berharap pemerintah agar memprioritaskan masalah sampah seperti pembaruan ataupun percepatan TPA yang baru, mengingat TPA Sumompo sudah tidak bisa menampung lagi sampah dari masyarakat, serta pemerintah melakukan sosialisasi tentang buang sampah pada tempatnya dan tidak membuat sampah ke laut," tambah Narasima. 

Narasima pun mengajak seluruh lapisan masyarakat turut serta menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

"Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat serta generasi melenial agar bersama-sama menjaga keasrian dan kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih khusus membuang ke laut karena sangat berpengaruh untuk kehidupan ekosistem laut serta mari sama-sama mendukung program pemerintah dalam menangani masalah sampah," pungkas Narasima. (Fn)