Lalai dan Tidak Profesional, Tuuk Minta Sekretariat DPRD Sulut Dievaluasi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Lalai dan Tidak Profesional, Tuuk Minta Sekretariat DPRD Sulut Dievaluasi

Ir Julius James Tuuk (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Sekretariat DPRD Sulut dinilai tidak profesional dan lalai bekerja oleh personil Fraksi PDI Perjuangan, Ir Julius James Tuuk. Penilaian Tuuk disampaikan saat Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Senin (12/7).

Rapat paripurna dengan agenda Pembahasan Ranperda Inisiatif DPRD tentang Pengendalian Sampah Plastik dan Ranperda Perlindungan dan Pemberdayaan Disabilitas, menyulut kekecewaan. Pasalnya, empat dari lima Fraksi, sama sekalu tidak mengajukan usulan nama calon anggota Pansus.

Penyebabnya, tidak lain adalah sekretariat DPRD Sulut. Informasi soal usulan nama calon pansus, ternyata tidak diteruskan oleh tim Setwan kepada empat fraksi. "Kejadian seperti ini menunjukan ketidakprofesionalan tim Sekwan dalam men-support job utamanya," kata Tuuk.

Atas kejadian itu, Tuuk langsung mengalamatkan surat terbuka kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulut.  "Terus terang, saya kecewa dengan paripurna ini," tegas Tuuk.

Atas kejadian itu, Tuuk berpendapat ada sesuatu yang salah dengan sekretariat DPRD Sulut. Sekretaris Dewan, kata Tuuk, nyatanya memperlihatkan ketidakmampuan memanage organisasi dalam lembaga DPRD. 

Selebihnya, Tuuk menilai potensi Sekretariat DPRD di bawah standar. "Kejadian seperti ini menunjukan ketidakprofesionalan tim Sekwan dalam men-support job utamanya," ujarnya.

Untuk itu, Tuuk mendesak perlu secepatnya ada evaluasi terkait kinerja Setwan. "Kita ditertawakan oleh masyarakat Sulawesi Utara. Kejadian ini sangat memalukan lembaga legislatif yang menghabiskan anggaran kurang lebih Rp120 miliar per tahun," sembur Tuuk yang benar-benar marah.

Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu, memohon maaf atas hal tersebut. Saat dikonfirmasi Sulut24.com, Kawatu berjanji ke depan akan melakukan perbaikan-perbaikan. "Saya mohon maaf dan akan diperbaiki ke depan," katanya singkat.(*/Johan)